Serentak Secara Nasional, 15 Peserta Ikuti Seleksi Petugas Haji Daerah

Diposting pada: Jumat, 13 Mei 2022
Foto

Jambi (Humas) - Mengikuti jadwal nasional yang serentak secara nasional se-Indonesia, Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menyelenggarakan Seleksi Petugas Haji Daerah Provinsi Jambi untuk penyelenggaraan haji 1443 H/ 2022 M pada Kamis (12/5) di Asrama Haji.

Sebanyak 15 peserta mengikuti proses seleksi tersebut, terdiri dari 9 orang peserta calon petugas haji daerah formasi layanan umum dan 6 peserta calon petugas haji daerah formasi layanan kesehatan. Peserta tersebut merupakan utusan dari pemerintah daerah kabupaten/kota dan utusan dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang akan mengisi sebanyak kuota 6 formasi petugas haji daerah, yaitu 3 formasi layanan umum dan 3 formasi layanan kesehatan.

Peserta akan menjawab sebanyak 100 pertanyaan selama 90 menit dengan sistem CAT melalui aplikasi pendaftaran petugas haji berbasis web, kemudian dilanjutkan dengan tahapan wawancara oleh penguji dari perwakilan Dewan Masjid Indonesia wilayah Jambi dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Jambi untuk menggali lebih dalam kemampuan dan kompetensi para peserta.

Sub Koordinator Seksi Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji, H.Muhammad Bafadhal berharap dengan dilaksanakannya seleksi ini nantinya akan didapatkan petugas haji daerah yang memiliki kemampuan dan pengetahuan di bidang penyelenggaraan haji, memiliki dokumen kenegaraan yang sah, dan berhak lulus seleksi.

“Harapannya petugas haji daerah ini nantinya apat membantu petugas kloter lainnya dalam penyelenggaraan ibadah haji,” sebutnya.

Muhammad juga menjelaskan adapun diantara materi pertanyaan yang diajukan dalam tes CAT dan wawancara adalah seputar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 dan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler. “Materi soal seputar regulasi haji dan PMA mengenai penyelenggaraan haji. Tentang regulasi penyelenggaraan haji, rukun haji, wajib haji, dan hal lainnya seputar kedua hal tersebut,” jelasnya.

Dikatakan, Muhammad bahwa penentuan penilaian akhir ujian peserta dilakukan secara otomatis melalui sistem, baik penilaian tes CAT maupun penilaian wawancara, sehingga tidak ada pihak manapun yang dapat membantu peserta dalam proses kelulusan seleksi.

“Seleksi ini akuntabel karena langsung oleh sistem. Sistemlah yang akan memformulasikan penilaian ujian peserta baik nilai tes CAT maupun nilai wawancara. Jadi, panitia atau siapapun tidak ada yang bisa membantu atau mengintervensi kelulusan peserta,” bebernya.

“Setelah penilaian diformulasikan dan diupdate, akan langsung segera diumumkan. Mudah-mudahan besok atau dalam beberapa hari ini, hasil penilaian sudah bisa diumumkan,” terangnya.

"Alhamdulillah pelaksanaan seleksi petugas ini berjalan sesuai rencana dan tidak ada kendala yang berarti," pungkasnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Abdullah Saman menuturkan bahwa pelaksanaan seleksi petugas haji daerah ini berdasarkan amanah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah yang mengamanatkan pengadaan seleksi petugas haji daerah, sehingga mampu menjadi petugas haji daerah berkhidmat layanan melayani penyelenggaraan ibadah haji demi kemaslahatan umat.

“Niat yang terpenting untuk melayani dan bekerja dengan baik selaku petugas haji daerah. Oleh karena itu, niatkan dengan baik dan nanti bekerjalah dengan baik,” serunya.

“Kalau tahun sebelumnya, Bupati/ Walikota merekomendasikan dan mengusulkan nama-nama petugas haji daerah kepada Gubernur, selanjutnya Gubernur mengeluarkan nama-nama petugas haji daerah tersebut. Jadi, tidak ada seleksi untuk petugas haji daerah pada tahun sebelum ini. Sementara untuk tahun ini, Kanwil Kemenag Jambi menerima usulan nama-nama calon petugas haji daerah untuk diseleksi oleh Kanwil Kemenag Jambi,” ungkapnya.

“Selamat mengikuti ujian. Semoga mendapatkan hasil yang terbaik. Semoga sukses,” pungkasnya.



Sumber : Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Segera Perihal Penyelesaian Laporan Elektronik Monitoring Tahun Anggaran Tahun 2022 (kemarin) >>> Unduh
  2. Bantuan Operasional Ormas Islam, Lembaga Keagamaan Islam, dan Majelis Taklim Tahun 2022 (kemarin) >>> Unduh
  3. Surat Tentang Rapat Evaluasi dan Percepatan Anggaran (3 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pengumuman Hasil Seleksi Petugas Haji Daerah Provinsi Jambi Tahun 1443H/2022M (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Petugas Haji Daerah Provinsi Jambi Tahun 1443H/2022M (8 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi