Jelang Seleksi Petugas Haji Daerah, Bidang PHU Lakukan Simulasi

Diposting pada: Kamis, 12 Mei 2022
Foto

Jambi (Humas) --Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi melakukan simulasi pelaksanaan seleksi bagi petugas haji daerah untuk musim haji tahun ini, Rabu (11/5) di Aula Kanwil.

Simulasi ini dilaksanakan agar para peserta seleksi dapat memahami teknis dan tata cara pelaksanaan ujian dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilaksanakan serentak secara nasional pada Kamis (12/5).

Sub Koordinator Seksi Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji, H.Muhammad Bafadhal mengatakan bahwa peserta melaksanakan ujian dengan menggunakan perangkat smartphone masing-masing yang mampu mendukung aplikasi ujian berbasis web.

“Persiapkan hp android masing-masing dan dipastikan mendukung akses aplikasi ujian berbasis web, dan pastikan perangkat penunjang lainnya tersedia. Baterai penuh, sediakan power bank kalau perlu,” anjurnya.

Muhammad Bafadhal menegaskan bahwa penentuan penilaian akhir ujian peserta dilakukan secara otomatis melalui sistem, baik penilaian tes CAT maupun penilaian wawancara, sehingga tidak ada pihak manapun yang dapat membantu peserta dalam proses kelulusan seleksi.

“Seleksi ini akuntabel karena tersistem yang langsung akan memformulasikan penilaian ujian peserta baik nilai tes CAT maupun nilai wawancara. Jadi, panitia atau siapapun tidak ada yang bisa membantu atau mengintervensi kelulusan peserta,” tegasnya.

Sebelumnya, calon peserta seleksi petugas haji daerah telah mendaftarkan diri pada web haji.kemenag.go.id/petugas melalui aplikasi pendaftaran petugas haji berbasis web yang akan lebih memudahkan calon peserta seleksi untuk berinterkasi dengan sistem dan baik secara fitur aplikasi maupun bisnis proses yang berjalan.

“Saat ini sudah diselesaikan rangkaian verifikasi oleh panitia pada Kanwil Kemenag Jambi dengan dibantu oleh tim dari Biro Kesra Provinsi Jambi,” ungkapnya.

Dari hasil verifikasi diperoleh sebanyak 15 peserta yang akan mengikuti proses seleksi petugas haji daerah, untuk memperebutkan 6 kuota petugas haji daerah. Ke-15 peserta terebut terdiri dari 9 orang peserta calon petugas haji daerah untuk formasi layanan umum dan 6 peserta calon petugas haji daerah untuk formasi layanan kesehatan.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Abdullah Saman menuturkan bahwa pelaksanaan seleksi petugas haji daerah ini berdasarkan amanah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah yang mengamanatkan pengadaan seleksi petugas haji daerah.

Pelaksanakan seleksi petugas haji daerah Jambi akan diadakan di Asrama Haji Provinsi Jambi pada waktu sesuai dengan jadwal nasional tersebut.



Sumber : Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Penulis : Siska Lidya

Editor :Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Segera Perihal Penyelesaian Laporan Elektronik Monitoring Tahun Anggaran Tahun 2022 (kemarin) >>> Unduh
  2. Bantuan Operasional Ormas Islam, Lembaga Keagamaan Islam, dan Majelis Taklim Tahun 2022 (kemarin) >>> Unduh
  3. Surat Tentang Rapat Evaluasi dan Percepatan Anggaran (3 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pengumuman Hasil Seleksi Petugas Haji Daerah Provinsi Jambi Tahun 1443H/2022M (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Petugas Haji Daerah Provinsi Jambi Tahun 1443H/2022M (8 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi