Pembimas Katolik Minta Guru Pendidikan Agama Katolik Kerja Nyata Tingkatkan Kualitas Dunia Pendidikan

Diposting pada: Selasa, 23 November 2021
Foto

Jambi (Humas) --Pasal 31 ayat 1 UUD 1945 menyatakan bahwa "Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran". Termasuk pada masa pandemi covid-19 ini, para guru sebagai tenaga pendidik tetap bertanggung jawab dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dalam rangka memenuhi pelaksanaan UUD 1945 tersebut, termasuk dalam pendidikan agama Katolik. Pembimas Katolik, Gunawan mengungkapkan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2021 tentang Sistem Pendidikan Nasional, maka Pembinaan Guru Pendidikan Agama Katolik dalam rangka upaya mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual, mengembangkan kesehatan dan akhlak mulia dari peserta didik, serta membentuk peseta didik yang terampil, kreatif, dan mandiri.

Gunawan menuturkan bahwa proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan pada perkembangaannya saat ini menuntut para guru Pendidikan Agama Katolik untuk mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan kebutuhan peningkatan dunia pendidikan.

“Khususnya pada masa sulit saat ini, para guru harus memastikan proses belajar mengajar tetap eksis atau tetap bertahan dengan tetap menjaga kualitas pelaksanaan pendidikan itu sendiri. Guru harrus terus belajar demi meningkatkan kompetensi diri. Guru tidak boleh kalah cerdas dalam pemanfaatan dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi,” tuturnya.

Guru profesional secara idealnya harus mampu berperan aktif meningkatkan kualitas pendidikan dengan melaksanakan kinerja yang berinovasi dan kreatif. Tentunya, melalui kerja nyata dengan segala daya upaya untuk pelaksanaan pendidikan yang berkualitas agar kual, khususnya pada masa pandemi covid-19 ini, maka inovasi dan kreativitass para guru dibutuhkan agar pendidikan semakin maju.

“Inovasi dan kreativitas ini harus terus dikembangkan agar proses belajar mengajar tetap bertahan, selalu baru dan tidak ketinggalan zaman, walaupun di tengah kondisi sulit ini,” terangnya.

Kerja nyata secara sungguh-sungguh sebagai wujud peran serta para guru inilah yang diharapkan sebagai kultur untuk menghidupkan dan mengisi bab-bab tersulit dalam pelaksanaan pendidikan itu sendiri. Kerja nyata para guru sangat dibutuhkan dalam memfasilitasi, mendampingi, penerjemah, dan pencari solusi bagi para anak didik dalam memahami setiap pembelajaran.

“Tak pelak, kerja nyata tentunya akan dapat menorehkan ukiran prestrasi bagi dunia pendidikan, bahkan pada masa sulit sekalipun,” pungkasnya



Sumber : Bimas Katolik

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Pengumuman Pelaksanaan SKB CPNS Formasi Tahun 2021 Kementerian Agama RI (4 hari yang lalu) >>> Unduh
  2. Surat Dirjen Bimas Islam Tentang Buku Nikah Hilang Dinyatakan Tidak Berlaku (15 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Surat Penting Tentang Langkah Akhir Tahun 2021 (19 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat PMA Tentang Juknis Fungsional Penghulu (21 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Surat Tentang Pengajuan DUPAK Penghulu (21 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi