Guru Pendidikan Agama Katolik Ikuti Peningkatan Kompetensi Tingkat Menengah

Diposting pada: Selasa, 23 November 2021
Foto

Jambi (Humas) --Bimas Katolik Kanwil Kemenag Jambi menggelar pembinaan peningkatan kompetensi bagi para Guru Pendidikan Agama Katolik yang digelar selama sehari di salah satu hotel di Kota Jambi.

Petrus Dhanga, Ketua Panitia mengungkapkan kegiatan ini dalam rangka menyiapkan tenaga guru terutama dalam menjawab perkembangan teknologi dan informasi secara bijak dan komunikatif dalam membangun layanan dunia pendidikan agama Katolik.

“Terutama pada masa pandemi Covid-19 ini, pada guru diharapkan mampu menguasai dan mengendalikan perubahan-perubahan yang berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan perkembangan era globalisasi saat ini,” ungkap Petrus, Senin (22/11).

Pembimas Katolik, Gunawan mengatakan bahwa para guru harus mampu menjalankan peran dan bertransformasi sehingga bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan dan kebutuhan abad 21.

“Dunia pendidikan akan mengalami stagnansi atau bahkan kemerosotan, jika gurunya tidak mampu beradaptasi dengan teknologi,” jelas Gunawan.

Ia menambahkan, secara profesional para guru sebagai tenaga pendidik dapat mengantarkan peserta didik memasuki era baru melalui pemberian sentuhan langsung dan memahami konteks berpikir peserta didik yang dapat memperkuat motivasi belajar peserta didik, maka idealnya para guru harus memiliki 4 kompetensi, yaitu kompetensi profesional, kompetensi pedagogik (kompetensi pengelolaan pembelajaran), kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.

"Oleh karena itu, para guru di era teknologi millenial ini harus mampu atau melek dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melalui tiga kunci, yaitu mengetahui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, jangan malu untuk belajar teknologi informasi dan komunikasi, dan memiliki keinginan meningkatkan kemampuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi," ucapnya.

“Guru harus andal dalam bidang teknologi informasi komunikasi dengan memiliki pengetahuan seputar teknologi informasi komunikasi tersebut. Jangan pernah malu untuk belajar, baik dari orang lain maupun dari berbagai media,” serunya.

Mengusung tema Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Menengah Dalam Menghadapi Tantangan Dunia Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19, kegiatan ini diikuti sebanyak 40 orang Guru Pendidikan Agama Katolik.

Dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan sebagai tindak lanjut untuk menciptakan dunia pendidikan yang berdayaguna dan menjadikan tenaga pendidik profesional yang dapat memperteguh motivasi bagi tenaga pendidik dalam meningkatkan layanan pendidikan.



Sumber : Bimas Katolik

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Pengumuman Pelaksanaan SKB CPNS Formasi Tahun 2021 Kementerian Agama RI (4 hari yang lalu) >>> Unduh
  2. Surat Dirjen Bimas Islam Tentang Buku Nikah Hilang Dinyatakan Tidak Berlaku (15 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Surat Penting Tentang Langkah Akhir Tahun 2021 (19 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat PMA Tentang Juknis Fungsional Penghulu (21 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Surat Tentang Pengajuan DUPAK Penghulu (21 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi