Terima Pendampingan Tim Itjen Kemenag RI, Ka.Kanwil Minta Sebagai Sarana Peningkatan Pengelolaan Medsos Pemerintah

Diposting pada: Senin, 22 November 2021
Foto

Jambi (Humas) --Pengelolaan media sosial yang baik secara maksimal dalam ruang lingkup instansi pemerintahan adalah salah satu kunci penting dalam suksesnya pelayanan informasi dan kehumasan pemerintah. Penggunaan dan pemanfaatan media sosial merupakan salah satu cara dalam mempromosikan serta menyebarluaskan program dan kebijakan pemerintah serta berinteraksi dan menyerap aspirasi masyarakat sehingga mencapai saling pengertian untuk kepentingan bersama antara pemerintah dan masyarakat.

Memngingat pentingnya pengelolaan media sosial pada instansi pemerintahan, maka empat orang delegasi dari Itjen Kemenag RI memberikan pendampingan pengelolaan media sosial pemerintahan pada Rabu (17/11) di Kanwil Kemenag Jambi. Delegasi Itjen Kemenag RI yang diketuai oleh Margono tersebut disambut langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama RI, H. Zoztafia di ruang kerja Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil meminta para staf Humas untuk menjadikan pendampingan dari pihak Itjen Kemenag RI ini sebagai pembelajaran dan pembinaan untuk meningkatkan pelayanan informasi dan kehumasan, khususnya dalam peningkatan pengelolan media sosial kedepannya. Oleh karena itu, melalui pendampingan ini dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk peningkatan kompetensi sumber daya kehumasan dalam pengelolaan media sosial pemerintahan.

“Bagaimana caranya agar media sosial pemerintah itu menarik perhatian masyarakat sebagai sumber informasi dan kebijakan publik. Tentunya hal inilah yang harus terus dikembangkan dan dikelola oleh tenaga kehumasan secara profesional,” ujar Ka.Kanwil.

Pelayanan informasi dan Kehumasan ini dalam rangka pemenuhan keterbukaan informasi publik. “Jangan ada yang ditutupi di instansi ini, sebab masyarakat berhak mengetahui informasi terkait instansi pemerintah, sehingga komplain masyarakat tidak terlalu banyak di publik. Keterbukaan informasi publik ini juga dapat menunjang kinerja instansi itu sendiri,” ungkap Ka.Kanwil.

Bagi Ka.Kanwil, pengelolaan media sosial yang baik oleh tenaga kehumasan akan dapat mengangkat citra positif instansi atau lembaga itu sendiri.

Adapun pendampingan yang dilakukan oleh Itjen Kemenag RI adalah terkait pedoman pengelolaan media sosial, penyusunan program kerja tahunan pengelolaan kerja kehumasan, konsistensi pengunggahan berita secara aktual, integrasi media sosial Kanwil Kemenag Jambi dengan pusat, ketersediaan sarana prasarana pengelolaan media sosial bagi pengelola, dan lain-lain.

Dari hasil pendampngan, tentunya memang hal utama yang perlu ditingkatkan adalah kompetensi sumber daya kehumasan secara terus menerus, sehingga media sosial pemerintahan yang dikelola akan dapat menjadi sumber informasi yang dapat menarik perhatian dan diterima khalayak luas.



Sumber : Sub Bagian Umum dan Humas

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani





Unduh Info Penting

  1. Penyelesaian Laporan Elekrtonik Monitoring TA 2021 (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (3 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (9 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (9 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi