Plt Ka.Kanwil Berharap Ajang MTQ Momentum Peningkatan Kecintaan Umat Islam Pada Nilai-Nilai Ajaran Alquran

Diposting pada: Senin, 04 Oktober 2021
Foto

Jambi (Humas) --Bertempat di Mesjid Syekh Utsman Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi menggelar MTQ ke-50 tingkat provinsi mulai tanggal 2 - 8 Oktober 2021.

Bertemakan “Melalui MTQ ke-50 Tingkat Provinsi Jambi, Kita Bangun Gemerasi Qurani yang Cerdas dan Berakhlakulkarimah Menuju Jambi Mantap dan Tanjung Jabung Barat Berkah", pelaksanaan MTQ ke -50 tingkat provinsi Jambi bertujuan untuk meningkatkan semangat membaca, mempelajari, serta mengamalkan Al-Qur'an, sehingga mendekatkan umat Islam kepada kitab suci Al-quran melalui konsep perlombaan.

Perhelatan akbar tahunan pada tingkat nasional yang digelar di bumi para ulama, bumi serengkuh dayung serentak ke tujuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Jambi, Al-Haris dengan memukul bedug degan didampingi oleh Wakil Gubernur Jambi, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, dan unsure Forkomfinda lainnya.

Dan dilakukan pula pengambilan sumpah para Dewan Hakim, Pengawas, dan Panitera oleh Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qu’ran (LPTQ), Abdullah Sani sebagai legalitas tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang diemban dalam MTQ ini.

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia menuturkan bahwa pelaksanaan MTQ ini merupakan momentum yang sangat strategis disaat bangsa ssedang berjuang menghadapi tantangan pada masa pandemi covid-19 ini, namun tidak mengurangi semangat umat Islam dalam gelaran Mtq ini. “Namun demikian, kondisi pandemi Covid-19 ini tidaklah menyurutkan semangat kita untuk terus mengagungkan Al-Quran. Bahkan penyeleng garaan Musabaqah Tilawatil Quran ini diharapkan menjadi spirit dan bagian dari upaya kita dalam memohon pada Tuhan agar pandemi Covid-19 ini segera berlalu,”

Plt Ka.Kanwil mengungkapkan bahwa MTQ merupakan wadah kegiatan keagamaan yang menjadi bagian dari upaya bersama dalam meningkatkan kecintaan umat Islam pada nilai-nilai ajaran Alquran dalam kehidupan bermasyarakat di tengah arus modernisasi yang sering menghilangkan nilai-nilai agama, budaya, adat istiadat, sementara tantangan kekhidupan keagamaan semakin kompleks dengan munculnya paham-paham ekstrim yang merusak nilai-nilai kerukunan dan kedamaian. “Harapannya, pelaksanaan MTQ ini dapat menjawab aneka persoalan kehidupan keagamaan, terutama yang berkaitan dengan pembinaan akhlak dan moralumat, serta kearifan dalam memahami nilai-nilai Alquran yang dapat memberikan pemahaman yang mendalami mengenai ajaran agama Islam,” ungkap Zoztafia.

Plt Ka.Kanwil mengapresiasi usaha optimal yang telah dilalkukan oleh pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam mempersiapkan perhelatan akbar MTQ ke-50 tingkat provinsi Jambi ini.”Perhargaan dan apresiasi khusus kami sampaikan kepada pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Barat dan seluruh jajaran, serta seluruh masyarakat Tanjung Jabung Barat yang telah mampu mempersiapkan MTQ ke-50 tingkat provinsi Jambi ini walaupun di tengah pandemi covid-19,” seru beliau.

Selanjutnya mengucapkan terima kasih atas pengabdian seluruh pihak pemangku kepentingan yang telah bersama-sama memberikan pelayanan optimal dalam peningkatan kehidupan keagamaan umat di provinsi Jambi.

Zoztafia mengharapkan agar perhelatan MTQ ini dapat melahirkan peserta yang berkualitas di kancah nasional, bahkan di kancah internasional.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris mengharapkan agar ajang MTQ ini bukan hanya sekedar rutinitas kegiatan keagamaan untuk menunjukkan prestasi dalam melantunkan ayat-ayat Alquran, melainkan harus dipandang sebagai sarana penyebaran dakwah Islam yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan umat Islam, terutama pada masa pandemi Covid-19 ini.

Acara pembukaan MTQ ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jambi sekaligus ketua LPTQ Provinsi Jambi, Anggota DPR RI Komisi VIII, Walikota Jambi, para Bupati, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Danrem 042 Garuda Putih Jambi, Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Kepala Pengadilan Tinggi Jambi, Kepala Pengadilan Tinggi Agama Jambi, Rektor UIN STS Jambi, Rektor IAIN Kerinci, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jambi, Forkompida Tanjab Barat juga termasuk para Dewan Hakim yang ikut dilantik.

Berbeda dari penyelenggaran pada tahun-tahun sebelumnya yang terbuka untuk umum, pada gelaran MTQ tahun ini digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.



Sumber : Subbag Umum dan Humas

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani







Unduh Info Penting

  1. Surat Tentang Penyelesaian Laporan Elektronik Monitoring s.d September TA 2021 (9 hari yang lalu) >>> Unduh
  2. Pengumuman Tentang Jadwal dan Lokasi Pelaksanaan Seleksi Kompetensi CPPPK KEMENAG RI TA 2021 TAHAP 1 (9 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. KEPUTUSAN DEWAN HAKIM MTQ KE-50 TINGKAT PROVINSI JAMBI TENTANG PENETAPAN PEMENANG I, II, III PADA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN CABANG TILAWAH AL-QUR’AN GOLONGAN REMAJA DAN DEWASA (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. KEPUTUSAN DEWAN HAKIM MTQ KE-50 TINGKAT PROVINSI JAMBI NOMOR : 05 TAHUN 2021 TENTANG PENETAPAN PEMENANG I, II, III PADA MTQ, HIFZHIL QUR’AN, TAFSIRIL QUR’AN, FAHMIL QUR’AN, S (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Permintaan CSlon Peserta Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (16 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi