KPK Ingin Pastikan Implementasi Pendidikan Anti Korupsi di Madrasah Berjalan Dengan Baik

Diposting pada: Kamis, 30 September 2021
Foto

Jambi (Humas) --Ada tiga strategi yang telah dilakukan KPK dalam upaya pemberantasan korupsi, yakni strategi edukasi, pendidikan dan kampanye kemudian pencegahan lalu tindakan, demikian ungkap Direktur Jejaring Pendidikan KPK, Aida Ratna Zulaiha saat Rapat Koordinasi Teknis Implementasi Pendidikan Anti Korupsi bersama Kepala Bidang Pendidikan Madrasah didampingi Kasubbag Umum dan Humas bertempat di ruang Meeting Kanwil, Rabu, (29/9). Rakor tersebut juga diikuti oleh Kepala Kementerian Agama Kab/Kota dan Kepala Seksi Madrasah se-Provinsi Jambi secara virtual.

Aida Ratna Zulaiha mengungkapkan bahwa Kementerian Agama telah membuat rencana aksi penguatan pendidikan karakter antikorupsi pasca ditandatanganinya MoU antara Kemenag dan KPK oleh Menteri Agama padatahun 2018 lalu.

"Untuk mengeksekusi strategi edukasi tersebut maka kami perlu memastikan pendidikan anti korupsi diselipkan pada satuan pendidikan formal di madrasah dan memastikan implementasi pembangunan integritas pendidikan agar SDM, lulusan anak didik anti korupsi dan perlunya data rill terkait implementasi Pendidikan anti korupsi pada pendidikan formal khususnya di Provinsi Jambi," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kasi Kasi Kurikulum dan Kesiswaan, Dedi Irama Silalahi menyatakan , Kementerian Agama telah menerbitkan Keputusan Menag No 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi kurikulum Pada Madrasah dan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia No.b-1368/dj.1/05/2009 tentang pendidikan Anti Korupsi di Madrasah.

Selama hampir dua tahun ini, telah disosialisasikan untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1-4 Sebanyak 5 JPL, Kelas 5-6 4 JPL dan Madrasah Tsanawiyah Kelas 7-9 sebanyak 3 JPL sedangkan di MA 2 JPL," terangnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H.Abd.Rahman menyampaikan bahwa meskipun pendidikan anti korupsi ini sudah dilaksanakan namun juga diperlukan diklat khusus bagi tenaga Pendidik, khususnya guru PPKN agar seluruh materi anti korupsi dapat utuh tersampaikan ke peserta didik dengan baik.

"Barangkali materi anti korupsi ini juga dapat dititipkan di Balai-Balai Diklat Kemenag untuk menambah pemahaman anti korupsi bagi peserta diklat," katanya menyarankan.

Dalam rapat tersebut, perwakilan Kepala Madrasah juga menyampaikan bahwa sebenarnya pendidikan karakter anti korupsi kepada siswa madrasah sudah dilaksanakan itu sesuai dengan arahan Kakanwil, hal ini dapat dibuktikan begitu masuk gerbang madrasah dapat dilihat spanduk besar bertuliskan “Wilayah bebas Korupsi dan Gratifikasi” dan pada mata pelajaran agama, akidah akhlak juga ditanamkan sekali terkait nilai-nilai kejujuran dalam kehidupan.



Sumber : Bidang Pendidikan Madrasah

Penulis : Nevi Purbawati

Editor: Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Tentang Penyelesaian Laporan Elektronik Monitoring s.d September TA 2021 (9 hari yang lalu) >>> Unduh
  2. Pengumuman Tentang Jadwal dan Lokasi Pelaksanaan Seleksi Kompetensi CPPPK KEMENAG RI TA 2021 TAHAP 1 (9 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. KEPUTUSAN DEWAN HAKIM MTQ KE-50 TINGKAT PROVINSI JAMBI TENTANG PENETAPAN PEMENANG I, II, III PADA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN CABANG TILAWAH AL-QUR’AN GOLONGAN REMAJA DAN DEWASA (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. KEPUTUSAN DEWAN HAKIM MTQ KE-50 TINGKAT PROVINSI JAMBI NOMOR : 05 TAHUN 2021 TENTANG PENETAPAN PEMENANG I, II, III PADA MTQ, HIFZHIL QUR’AN, TAFSIRIL QUR’AN, FAHMIL QUR’AN, S (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Permintaan CSlon Peserta Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (16 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi