Maksimalkan Fasilitas Layanan Sehati, Satgas Layanan Halal Jambi Gelar Rakor Layanan Sertifikat Halal

Diposting pada: Rabu, 29 September 2021
Foto

Jambi (Humas) --Satuan Tugas Layanan Halal Provinsi Jambi menggelar Rapat Koordinasi Layanan Sertifikat Halal dan Sosialisasi Fasilitasi Layanan Sertfikasi Halal Gratis (Sehati) pada Senin (27/9) di Aula Kanwil. Rakor tersebut diikuti oleh perwakilan Bank Indonesia Jambi, Disperindag, Dinas Koperasi dan UMK, MUI, LPH LPPOM MUI Jambi, PT.PLN Jambi, PT.Surveyor Indonesias, PT.Sucofindo, Asosiasi UMKM Muaro Jambi, Asosiasi Industri Makanan dan Minuman dan Forum Lintas Sektoral Sertifikat Halal Jambi.

Undang-Undang No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal adalah kepastian hukum terhadap kehalalan suatu. Produk yang dibuktikan dengan Sertifikat Halal, Oleh karena itu, semua produk yang dipasarkan kepada masyarakat di Indonesia wajib memiliki sertifikasi halal. Kepastian sertifikat halal sebuah produk harus sudah dipastikan efektif maksimal 5 tahun setelah Undang-Undang tersebut diterbitkan. Hal inilah yang ditegaskan oleh Kepala Bidang Urusan Agama Islam, H. Zeifni Ishaq kepada seluruh pemangku kepentingan layanan sertifikat halal.

Selanjutnya, setiap pengajuan pernohonan layanan sertifikat halal akan dilakukan sidang Isbat terlebih dahulu oleh pihak MUI setempat, untuk kemudian diserahkan kepada pihak Kementerian Agama guna legalisasi sertifikat halal setelah mendapat rekomendasi dari MUI.

Terkait program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) sebagai program terbaru yang baru saja diluncurkan oleh Kementerian Agama, Zeifni mengungkapkan bahwa layanan Sehati mulai digalakkan yang bertujuan memberikan kepastian ketersediaan produk halal agar masyarakat merasa nyaman mengkonsumsi atau menggunakan suatu produk.

Sehati adalah program kolaboratif dan sinergi antara BPJPH Kementerian Agama dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, instansi, dan pihak swasta untuk memfasilitasi pembiayaan sertifikasi halal secara gratis bagi pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK).

“Oleh karena itulah, Kementerian Agama Provinsi Jambi melalui Satgas Halal melakukan rapat koordinasi bersama mitra Satgas Halal sebagai pemangku kepentingan untuk penguatan layanan sertifikat halal,” jelas Zeifni.

“Dengan adanya program Sehati ini akan lebihh memudahkan pelaku usaha dalam mendapatkan layanan sertifikat halal. Pelaku usaha akan berlomba-lomba mendaftarkan produknya untuk memiliki sertifikat halal sehingga lebih meyakinkan masyarakat bahwa produk di Jambi tentunya sudah layak dikonsumsi dan digunakan disertai dengan standar kesehatan produk yang sudah diakui melalui BPPOM,” ungkap Zeifni.

Sementara itu, Kanwil Kemenag Jambi akan terus bersinergi dengan Kementerian Agama Kabupaten/Kota melalui Kepala Seksi Bimas Islam setempat untuk melakukan pengawasan terhadap produk-produk yang dipasarkan secara berkala.

“Seharusnya setidaknya sekali setahun, Kementerian Agama harus terus lakukan pengawasan terhadap konsistensi pelaku usaha dalam menjaga kehalalan produk yang dipasarkannya, baik dari zat yang terkandung dalam produk maupun proses pembuatan produk tersebut, termasuk cara pelaku usaha mendapatkan bahan-bahan produk tersebut halal atau malah bertentangan dengan syariat Islam,” ujar Zeifni.

“Mudah-mudahan program Sehati di wilayah Provinsi Jambi bisa berlangsung baik dengan dukungan seluruh pihak pemangku kepentingan dan masyarakat, bahkan termasuk mewujudkan Jambi sebagai kota wisata halal,” harap Zeifni.

Ketua Satgas Layanan Halal Provinsi Jambi, Hj.Nurcahaya mengungkapkan bahwa Rakor ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan lintas sektoral sertifikat halal yang difasilitasi langsung BPJPH Kemenag RI belum lama ini.

"Kita berharap dengan layanan Sehati ini, masyarakat Provinsi Jambi mendapatkan fasilitas layanan sertifikat halal gratis yang nantinya juga berpengaruh pada peningkatan ekonomi masyarakat khususnya bagi pelaku UMKM," ujarnya.

Nurcahaya menyebutkan, pihaknya juga turut menggandeng BUMN, LPH LPPOM MUI, Perguruan Tinggi, Ormas Islam dan sejumlah pihak terkait yang diharapakan terbangunnya sinergi yang kuat untuk mendukung layanan sertifikat halal di Provinsi Jambi.

"Alhamdulillah dari Bank Indonesia kita sudah terbangun komunikasi, nantinya Insya Allah akan kita laksanakan Expo Halal pada bulan Ramadan, kemudian Rumah Potong Hewan (RPH) juga akan diberikan pelatihan sertifikat halal dan keahlian lainnya," ungkapnya.

"Dengan adanya sertifikat halal ini, mudah-mudahan kedepan pelaku usaha seperti UMKM di Provinsi Jambi bisa menjadikan usahanya lebih maju dan bangkitnya ekonomi ummat di Provinsi Jambi," harapnya.

Dilansir dari laman Kementerian Agama RI, disebutkan bahwa Kementerian Agama memfasilitasi layanan sertifikat halal kepada 3.179 UMK dengan jumlah anggaran tersedia sebesar Rp8 miliar untuk memastikan bahwa pelaku usaha tersebut bukan saja memenuhi persyaratan kehalalan dan higienitas produk, namun juga meningkatkan citra positif tentang penjaminan produk halal.



Sumber : Bidang Urais dan Binsyar

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Tentang Penyelesaian Laporan Elektronik Monitoring s.d September TA 2021 (9 hari yang lalu) >>> Unduh
  2. Pengumuman Tentang Jadwal dan Lokasi Pelaksanaan Seleksi Kompetensi CPPPK KEMENAG RI TA 2021 TAHAP 1 (9 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. KEPUTUSAN DEWAN HAKIM MTQ KE-50 TINGKAT PROVINSI JAMBI TENTANG PENETAPAN PEMENANG I, II, III PADA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN CABANG TILAWAH AL-QUR’AN GOLONGAN REMAJA DAN DEWASA (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. KEPUTUSAN DEWAN HAKIM MTQ KE-50 TINGKAT PROVINSI JAMBI NOMOR : 05 TAHUN 2021 TENTANG PENETAPAN PEMENANG I, II, III PADA MTQ, HIFZHIL QUR’AN, TAFSIRIL QUR’AN, FAHMIL QUR’AN, S (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Permintaan CSlon Peserta Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (16 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi