Plt Ka.Kanwil Tegaskan Pelaksanaan Pembangunan Berdasarkan SBSN dan PLHUT Harus Bernilai Manfaat Bagi Pelayanan Publik

Diposting pada: Rabu, 29 September 2021
Foto

Jambi (Humas) --Dalam rapat pimpinan yang diadakan pada Jumat (24/9) secara virtual, Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia menegaskan bahwa dalam pelaksanaan pembangunan berdasarkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan Pembangunan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) sangat penting untuk mengutamakan terpenuhinya realisasi fisik yang sesuai dengan realisasi laporan anggaran yang digunakan.

Dengan tegas beliau menginstruksikan pengawasan ketat oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) harus dilakukan secara berkelanjutan, baik pelaksanaan pembangunan dengan menggunakan SBSN pada madrasah maupun PLHUT pada KUA.

“Jangan ada logika yang terbalik dalam pelaksanaan SBSN ini sehingga menjadi temuan. Jadi, KPA dan PPK harus tegas dalam pelaksanaan SBSN dan PLHUT ini. Kita bersama-sama harus melawan terjadinya gratifikasi dan korupsi. Ini perlu saya tegaskan kepada kita semua," kata Zoztafia.

Menurutnya, betapa berpengaruhnya pelaksanaan pembangunan berdasarkan SBSN dan PLHUT ini dalam rangka upaya percepatan realisasi anggaran, sehingga KPA dan PPK harus menyusun instrumen yang terukur dalam pengawasan pelaksanaan SBSN dan PLHUT tersebut. Dengan demikian, pelaksanaan SBSN dan PLHUT tersebut menjadi tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat guna.

Berhubungan dengan tepat guna, pelaksanaan pembangunan dengan menggunakan SBSN tersebut memiliki tujuan utama agar menghasilkan manfaat nyata bagi perkembangan pelayanan publik. “Jadi, gedung-gedung yang dibangun melalui SBSN ini harus ada manfaatnya bagi masyarakat. Gedung-gedung yang dibangun itu harus ada artinya bagi pertemuan masyarakat yang membutuhkan bantuan dalam pelayanan keagamaan,” tegas Zoztafia.

Plt Ka.Kanwil menegaskan bahwa sudah seharusnya pelaksanaan pembangunan dengan SBSN pada madrasah harus memiliki manfaat dalam mendukung perkembangan pendidikan pada madrasah demi mempersiapkan anak didik yang memiliki budi pekerti. SBSN pada madrasah menunjang peningkatan kompetensi para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada era digital ini.

Demikian pula, PLHUT pada Kantor Urusan Agama (KUA) juga sudah selayaknya diperuntukkan bagi peningkatan pelayanan publik pada KUA dan mendukung digitalisasi pelayanan informasi keagamaan yang bertujuan untuk revitalisasi pusat pelayanan informasi keagamaan dan menjadikan KUA itu sendiri sebagai pusat pelayanan keagamaan. “Jangan sampai KUA kehilangan substansinya sebagai pelayanan publik yang memiliki transformasi digital di dalamnya. Inilah pola pikir yang harus dibangun agar Kementerian Agama tidak kehilangan substansinya dalam memberikan pelayanan keagamaan, yakni Kementerian Agama yang modern, sekaligus religius dalam membentuk masyarakat yang modern tanpa meninggalkan nilai-nilai agama,” serunya mengingatkan.

Dalam pelaksanaan pembangunan dengan menggunakan SBSN dan PLHUT ini, koordinasi antara Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi dan Kementerian Agama Kabupaten/Kota harus dilakukan secara intens dalam memberikan pemahaman terkait petunjuk teknis pelaksanaan dengan menggunakan SBSN dan PLHUT tersebut.

Rapat pimpinan tersebut diikuti oleh Pejabat Eselon III dan IV secara langsung di Aula Kanwil dan secara virtual pada Kementerian Agama Kabupaten/Kota.



Sumber : Sub Bagian Umum dan Humas

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani







Unduh Info Penting

  1. Surat Tentang Penyelesaian Laporan Elektronik Monitoring s.d September TA 2021 (9 hari yang lalu) >>> Unduh
  2. Pengumuman Tentang Jadwal dan Lokasi Pelaksanaan Seleksi Kompetensi CPPPK KEMENAG RI TA 2021 TAHAP 1 (9 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. KEPUTUSAN DEWAN HAKIM MTQ KE-50 TINGKAT PROVINSI JAMBI TENTANG PENETAPAN PEMENANG I, II, III PADA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN CABANG TILAWAH AL-QUR’AN GOLONGAN REMAJA DAN DEWASA (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. KEPUTUSAN DEWAN HAKIM MTQ KE-50 TINGKAT PROVINSI JAMBI NOMOR : 05 TAHUN 2021 TENTANG PENETAPAN PEMENANG I, II, III PADA MTQ, HIFZHIL QUR’AN, TAFSIRIL QUR’AN, FAHMIL QUR’AN, S (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Permintaan CSlon Peserta Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (16 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi