Plt Ka.Kanwil Berikan Motivasi Guru Pendidikan Agama Buddha Sebagai Cerminan Guru Profesional

Diposting pada: Rabu, 29 September 2021
Foto

Jambi (Humas) --Sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap Lembaga Pendidikan Agama dan Keagamaan Buddha agar pengelola pendidikan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola pendidikannya, maka Bimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi menggelar Pembinaan Kinerja Guru Pendidikan Agama Buddha beberapa hari lalu di salah satu hotel di Kota Jambi.

Dalam laporannya, Agustinus Ferianto selaku Ketua Panitia Pelaksana menyebutkan bahwa Bimas Buddha menggelar pembinaan yang mengambil tema “Melalui Pembinaan Kinerja Guru Pendidikan Agama Buddha Kita Wujudkan Guru Profesional” tersebut bertujuan untuk membekali guru Pendidikan Agama Buddha Provinsi Jambi dengan pengetahuan dan keterampilan dalam proses pembelajaran dan mempuyai data pendukung yang relevan untuk memperkaya pengetahuan para guru, sehingga menjadikan Kinerja Guru Pendidikan agama Buddha yang mempunyai tanjung jawab terhadap peserta didik dan profesional.

Peserta yang mengikuti pembinaan tersebut adalah Guru Pendidikan Agama Buddha di Kota Jambi yang berjumlah 20 orang.

Untuk mengoptimalkan pembinaan tersebut, dihadirkan Narasumber dari Pejabat unsur Pemerintah dan tenaga profesional yang berkompeten di bidangnya yang membagikan pengetahuan kepada peserta berupa materi Menjadi Pendidik Masa Depan, Peningkatan Kopetensi Guru Pendidikan Agama Buddha melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran, dan Penilaian Kinerja Guru Pendidikan Agama Buddha dalam Rangka Sertifikasi Guru.

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia menegaskan bahwa selalu mendukung seluruh kegiatan Bimas Buddha yang memenuhi pelayanan keagamaan dan pendidikan agama Buddha bagi masyarakat.

“Oleh karena itulah saya selaku Plt Ka.Kanwil berada di sini sebagai komitmen perwujudan pemeliharaan kerukunan umat beragama, sekaligus memohon dukungan seluruh Guru Agama Buddha terhadap semua program Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, bukan hanya program Bimas Buddha, namun termasuk seluruh program secara global agar sekat-sekat keagamaan itu tidak terlalu terlihat,” tutur Zoztafia.

Plt Ka.Kanwil menyebutkan bahwa profesi guru adalah profesi penting sebagai bagian utama dan pondasi penting dalam perkembangan sebuah negara, termasuk kehidupan keagamaan dalam negara. Oleh karena itu, guru agama harus memahami secara utuh segala sesuatu hal yang berkaitan dengan profesi guru agama sebagai bentuk sikap profesional seorang guru agama.

Sebagai langkah sikap profesional, guru agama harus memenuhi beberapa indikator penting, yakni memahami tugas pokok dan fungsi guru sebagai pengajar dan pendidik, memahami materi dan kurikulum pendidikan agama Buddha sehingga para anak didik memahami materi pelajaran tersebut, dan Guru Agama Buddha harus menyukai profesi guru itu sendiri.

“Jadi harus menyukai dulu profesi guru itu sendiri, sebab jika tidak akan menimbulkan penderitaan baru bagi guru tersebut. Dan mencintai pekerjaan itu termasuk indikator sikap profesional,” jelas Zoztafia.

Selanjutnya, guru profesional seharusnya mengevaluasi capaian target kurikulum pembelajaran yang telah dilaksanakannya dengan indikator penilaian yang jelas dan terukur, sehingga rasio angka capaian target pembelajaran dapat diukur, sekaligus pemikiran langkah selanjutnya yang perlu diambil.

Plt Ka,Kanwil meminta para guru profesional agar mampu memberikan nasihat memberikan pemahaman mengenai pentingnya cara berbicara, cara berpakaian, etika berperilaku dengan orang lain, dan pemahaman lain mengenai aspek-aspek kehidupan kepada peserta didik. “Tidak cukup hanya memberikan pemahaman mengenai materi pelajaran saja, namun yang terpenting adalah pemahaman budi pekerti. Malahan aspek teknis ini sangat berperan besar bagi perkembangan anak didik menuju masa depannya,” dorong beliau.

Hal inilah yang akan dapat mengantarkan anak didik membangun karakter, etika dan budi pekerti baik guna mempersiapkan anak didik menuju masa depan yang baik.

“Guru ini adalah guru seumur hidup bagi anak didiknya dengan pengajaran yang dipegang teguh anak didik seumur hidupnya, bahkan ketika anak didik itu sudah sukses namun tetap mengingat pembelajaran yang diberikan oleh gurunya. Jadi, tidak terbatas hanya di lingkungan sekolah saja. Secara tidak langsung, demikianlah guru dapat mengintervensi anak didik dalam kehidupannya,” tutur beliau.

Inilah pentingnya guru dalam dunia pendidikan, dimana bukan hanya mengajarkan pengetahuan, melainkan juga menanamkan nilai-nilai moral kepada anak didik yang lebih dari pengetahuan itu sendiri.



Sumber : Bimas Buddha

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani





Unduh Info Penting

  1. Surat Tentang Penyelesaian Laporan Elektronik Monitoring s.d September TA 2021 (9 hari yang lalu) >>> Unduh
  2. Pengumuman Tentang Jadwal dan Lokasi Pelaksanaan Seleksi Kompetensi CPPPK KEMENAG RI TA 2021 TAHAP 1 (9 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. KEPUTUSAN DEWAN HAKIM MTQ KE-50 TINGKAT PROVINSI JAMBI TENTANG PENETAPAN PEMENANG I, II, III PADA MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN CABANG TILAWAH AL-QUR’AN GOLONGAN REMAJA DAN DEWASA (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. KEPUTUSAN DEWAN HAKIM MTQ KE-50 TINGKAT PROVINSI JAMBI NOMOR : 05 TAHUN 2021 TENTANG PENETAPAN PEMENANG I, II, III PADA MTQ, HIFZHIL QUR’AN, TAFSIRIL QUR’AN, FAHMIL QUR’AN, S (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Permintaan CSlon Peserta Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (16 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi