Kanwil Kemenag Jambi Apresiasi Kinerja Mahasiswa PPL UIN Sutha Jambi

Diposting pada: Rabu, 29 September 2021
Foto

Jambi (Humas) --Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi melepas sebanyak delapan orang mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dari Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin (UIN STS) Jambi pada Senin (27/9) di ruang media center Kanwil. Selama satu bulan lebih mahasiswa dari UIN tersebut melaksanakan kegiatan PPL di Kanwil.

Mewakili Plt.Ka.Kanwil, Kabid Urais dan Binsyar, H.Zeifni Ishaq mengapresiasi kinerja mahasiswa PPL UIN selama menjalankan tugas dari kampus.

"Kami ucapkan terima kasih atas kinerja yang dilakukan selama ini, tentu hal ini akan menjadi pengalaman berharga untuk diterapkan mahasiswa kedepannya.

Kasubbag Umum dan Humas, H.M Yazid berharap agar pengalaman selama masa PPL dapat menunjang pendidikan para mahasiswa/i yang lebih baik lagi kedepannya sehingga mencapai masa depan yang baik pula.

“Mungkin ada pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai dengan latar pendidikan, namun paling tidak sudah mengenal situasi, sistem birokrasi di lingkungan instansi pemerintahan, terutama sistem kerja pada masa pandemi Covid-19 ini yang memang banyak mempengaruhi sistem kerja pegawai,” sebut Yazid.

Selanjunya, pengalaman kerja selama masa PPL ini dapat dijadikan pegangan sebagai modal dasar dalam menyesuaikan diri dalam dunia pekerjaan nantinya selepas menyelesaikan pendidikan. “Dan sudah ada paling tidak sedikit pengalaman kerja selama melaksanakan tugas di sini yang menjadi pegangan kedepannya,” imbuh Yazid.

H. Thoif selaku Sub Koordinator Kepegawaian dan Hukum mengapresiasi kinerja para mahasiswa/i PPL dari UIN STS Jambi tersebut.

“Kami sangat terbantu dengan kehadiran para siswa PPL dalam pelaksanaan rutinitas pekerjaan sehari-hari,” ungkap beliau.

Kedepannya Thoif berharap agar pendistribusian para mahasiswa/i PPL dapat memiliki korelasi yang lebih relevan dengan jurusan yang ditekuni oleh para mahasiswa/i PPL di universitas.

“Oleh karena itu, sebaiknya dalam surat permohonan pengajuan PPL dari universitas sebaiknya mencantumkan spesifikasi ilmu kejuruan yang diambil mahasiswa/i PPL dan menyebutkan target keahlian apa yang ingin dicapai oleh para siswa PPL selama melangsungkan PP. Sehingga dalam PPL ini bukan hanya sekedar bekerja, namun ada sesuatu hal yang dicapai,” ujarnya.

Thoif mengharapkan agar para mahasiswa/i PPL mengambil manfaat ilmu dan pengalaman selama melaksanakan PPL. “PPL ini memperkaya ilmu yang tidak dijumpai pada dunia pendidikan,” sebutnya.

“Saya yakin anak-anak ini punya potensi yang luar biasa. Ini awal dimana anak muda sebagai generasi milenial harus memiliki semangat yang luar biasa pula,” Thoif memotivasi para mahasiswa/i PPL.

Dosen pembimbing para siswa PPL, Ambok Pangiuk merasa bersyukur bahwa para mahasiswa/i PPL ini mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman berharga di Kanwil. “Bersyukur saat ini PPL sudah dapat dilaksanakan kembali oleh pemerintah sebagai pengalaman anak-anak kedepannya,” ujar Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN STS Jambi tersebut.

Chandra Ariasman sebagai Ketua Siswa PPL mengaku memang banyak ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama masa PPL di Kanwil yang memang tidak didapatkan pada masa perkuliahan. “Terima kasih atas bimbingan Bapak/Ibu yang ada di Kanwil ini,” ucap Chandra.

Demikian pula diucapkan oleh Azra Elindra, perwakilan mahasiswi PPL yang merasa bahagia disambut dengan suasana penuh keakraban dan hangat selama masa PPL di Kanwil. “Terima kasih sudah menerima kami dengan sangat hangat dan baik. Walau waktunya singkat, namun sangat berarti. Semoga kedepannya ada kesempatan untuk menambah pengalaman lebih lanjut. Tidak ada kata-kata yang bisa mewakili perasaan kami selain ucapan banyak terima kasih atas pembelajaran yang telah diberikan sebagai sebuah pengalaman yang berarti,” tutur mahasiswi jurusan akuntansi syariah UIN STS tersebut.



Sumber : Sub Bagian Umum dan Humas

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi