Dihadapan Guru Agama Kristen, Plt.Ka.Kanwil Dorong Penguatan Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama

Diposting pada: Senin, 27 September 2021
Foto

Jambi (Humas) --Dalam kehidupan, manusia berada dalam perbedaan, sehingga ada potensi untuk terpecah belah maupun ada potensi yang sangat kuat untuk bersatu melalui pemahaman moderasi beragama. Demikian ungkap Plt.Ka.Kanwil, H.Zoztafia dihadapan para guru agama kristen belum lama ini.

“Jangan terlalu perlihatkan dan perdebatkan mengenai perbedaan tersebut. Berhubungan dengan agama dan keyakinan masing-masing umat, ada yang percaya dan ada tidak percaya mengenai keyakinan agama lain, sehingga tidak perlu diperluas perbedaan dalam agama masing-masing umat itu. Lembutkan hati kita dan bersatulah dalam perbedaan itu,” jelasnya.

Zoztafia menerangkan bahawa perbedaan ini akan menjadi kekuatan dalam persaudaraan. Oleh karenanya seluruh umat beragama adalah saudara sebagai manusia, dan wajib bersikap moderat untuk memperkuat kerukunan umat beragama yang harus mampu saling memahami dan saling melindungi satu sama lain.

“Jaga betul kerukunan umat beragama ini. Inilah pentingnya moderasi beragama agar memahami dan menghormati keyakinan orang lain. Yang mayoritas harus melindungi yang minoritas, namun yang minoritas harus memahami yang mayoritas,” ujarnya.

Zoztafia juga menyerukan agar Guru Pendidikan Agama Kristen turut berperan dalam menjaga kerukunan umat ini dengan memperkuat moderasi beragama dalam diri sendiri dan selanjutnya diajarkan kepada para anak didik. Untuk itu, para Guru PAK harus menyampaikan pesan-pesan agama secara moderat pula. Sebab, para anak didik sangat perlu diberikan pemahaman mengenai arti pentingnya moderasi beragama dengan pengajaran pola hidup moderat.

Moderasi beragama sebagai program prioritas nasional sebagaimana yang tertuang melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Selanjutnya ditindaklanjuti melalui Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Agama. Kemenag telah menjabarkan moderasi beragama dalam Rencana Strategis (renstra) pembangunan di bidang keagamaan lima tahun mendatang.



Sumber : Bimas Kristen

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi