Plt Ka.Kanwil Minta Guru Agama Kristen Persiapkan Masa Depan Anak Didik Dengan Karakter Yang Baik

Diposting pada: Senin, 27 September 2021
Foto

Jambi (Humas) --Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau perubahan kurikulum dan perkembangan masyarakat, maka Bimas Kristen Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menyelenggarakan kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen di Provinsi Jambi Angkatan I pada Kamis (23/9) di salah satu hotel di bilangan Pasar Kota Jambi.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia yang diikuti sebanyak 30 Guru PAK baik PNS dan Non PNS di Kota Jambi, Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Batanghari, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Sri Simanjuntak selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa melalui pembinaan para Guru Pendidikan Agama Kristen ini, para guru diharapkan memiliki kompetensi yang diperlukan untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal, yakni kompetensi penguasaan materi dan pengolahan program belajar mengajar yang efektif dan efisien, termasuk pengadministrasian yang juga wajib dikuasai oleh para guru.

"Kepada para Guru PAK yang menjadi peserta kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen ini dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sebaik-baiknya sehingga tujuan pelaksanaan kegiatan ini tercapai, minimal perbaikan kinerja dan perilaku Guru Pendidikan Agama Kristen ke arah yang lebih baik," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Pembimas Kristen, Saroli Waruwu yang mengatakan bahwa para peserta sudah seharusnya bersyukur terpanggil mengikuti pembinaan dalam rangka peningkatan kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen ini, sehingga para peserta yang diundang pun sudah seharusnya mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya demi tercapainya tujuan kegiatan pembinaan Guru Pendidikan Agama Kristen ini. Termasuk dalam upaya penguatan moderasi beragama dalam dunia pendidikan agama Kristen di Provinsi Jambi.

Saroli meminta para Guru Pendidikan Agama Kristen agar selalu meningkatkan kualitas diri melalui banyak membaca literasi dari berbagai sumber, termasuk kreativitas dalam metode belajar mengajar.

Plt. Ka.Kanwil mengaku sudah menunggu kesempatan ini agar dapat bertemu dengan para Guru PAK, sehingga dapat bergabung dalam kemajemukan agama.

“Kemajemukan agama ini sudah saya pelajari sejak kecil yang saya dapatkan dari cara hidup dalam keluarga. Jadi, saya sangat bersyukur bisa bertemu dengan para guru PAK ini,” tuturnya.

Menurutnya, secara substansi, guru adalah sumber daya dalam pembangunan nasional yang mempersiapkan generasi masa depan. Dengan demikian, posisi guru Pendidikan Agama Kristen sangat krusial dalam mempersiapkan generasi muda yang memahami isi Alkitab dengan benar. Guru PAK harus mampu memberikan pemahaman kepada para anak didik mengenai apa yang baik dan benar, termasuk penerapan budi pekerti dan pembangunan sikap dan karakter anak didik dalam kehidupan sehari-hari. “Pengetahuan adalah kekuatan, tapi moral lebih dari pengetahuan itu sendiri.

Plt Ka.Kanwil menjelaskan bahwa dengan pengajaran mengenai ilmu agama yang benar dapat memberikan pemahaman mengenai pola hidup dan kebijaksanaan dalam hidup agar para anak didik mampu menguasai masa depan dengan pembangunan karakter yang baik.

“Anak-anak Kristen yang diajar oleh para guru harus diajarkan untuk menguasai masa depan dengan etika dan budi pekerti yang baik dan benar. Dan hal itu didapatkan dari pengajaran mengenai pemahaman isi Alkitab sebagai pedoman hidup. Sangat berharap, kembalilah kepada anak didik dengan mendidik anak didik dengan baik dan benar sehingga para anak didik Kristen menjadi umat Kristen yang terdidik,” serunya.



Sumber : Bimas Kristen

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi