Kanwil Kemenag Jambi Kebut Penyusunan RKBMN Pada Satker

Diposting pada: Rabu, 15 September 2021
Foto

Jambi (Humas) --Sebagai salah salah satu bagian penting dalam pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) guna menertibkan administrasi BMN yang akan mendukung penertiban pengelolaan anggaran dan pengelolaan keuangan negara, maka Sub Bagian Keuangan dan BMN Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (RKBMN) Tahun Anggaran 2023 pada Senin (13/9) di Aula Kanwil.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 55 peserta yang terdiri dari Operator SAIBA dan SIMAK, Pengelola BMN, dan Bendahara pada Kementerian Agama, Madrasah Tsanawiyah Negeri, dan Madrasah Aliyah Negeri di Kota Jambi, Kabupaten Muarojambi, dan Kabupaten Batanghari.

Agustinus Ferianto selaku Tim Teknis Pengelola BMN Kanwil Kemenag Jambi menjelaskan bahwa pengisian RKBMN berupa RKBMN pengadaan dan RKBMN pemeliharaan ini wajib dipenuhi oleh masing-masig satuan kerja sebagai salah satu syarat pengisian aplikasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) sebagai aplikasi pengelola keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran.

“Sehingga jika tidak mengisi RKBMN, tidak akan bisa mengisi Aplikasi SAKTI, artinya tidak akan mendapatkan anggaran pemeliharaan,” jelas Agustinus.

Kepala Sub Bagian Keuangan dan BMN, Arpani menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis kepada pengelola BMN, para Operator, dan Bendahara dalam pengisian RKBMN tersebut yang akan dipandu oleh Tim Teknis Pengelola BMN Kanwil Kemenag Jambi.

“Diharapkan dalam kegiatan ini langsung terselesaikan pengisian RKBMN ini, sehingga pekerjaan yang ditargetkan dapat diselesaikan tepat waktu. Selesai di sini, dan jangan sampai menjadi tugas lagi. Bekerjalah dengan baik, sehingga apa yang ditargetkan dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Batas akhir sampai 16 September 2021,” ungkap Arpani.

Kepala Bagian Tata Usaha, H. Julan meminta agar seluruh Operator, Pengelola BMN, dan Bendahara menggunakan kesempatan bimbingan ini untuk menyelesaikan pengisian RKBMN dengan pertimbangan dan perencanaan yang matang.

“Dalam RKBMN ini, gunakan kesempatan ini untuk belajar sebanyak mungkin dari ahlinya, sebab dalam RKBMN dibutuhkan perencanaan yang sangat matang. Saya yakin sudah dipertimbangkan barang-barang yang dibutuhkan oleh masing-masing satker untuk tahun 2023. Mudah-mudahan apa yang menjadi hajat bersama ini dipermudah dengan dijalankan secara serius,” tutur Julan.

Kegiatan bimbing pengisian RKBMN ini akan dilakukan secara berkelanjutan tanggal 13-15 September dengan sasaran masing-masing satuan kerja di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi.

Mengacu pada Peraturan Kementerian Keuangan RI tentang Perencanaan Kebutuhan Barang Milik Negara disebutkan bahwa perencanaan kebutuhan BMN adalah kegiatan merumuskan rincian kebutuhan BMN untuk menghubungkan pengadaan barang yang telah lalu dengan keadaan yang sedang berjalan sebagai dasar dalam melakukan tindakan yang akan datang. Pengisian RKBMN ini tentunya sangat berpengaruh pada Rencana Kegiatan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAK/L).



Sumber : Sub Bagian Keuangan dan BMN

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi