Bimas Hindu Gelar Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional XIV Tahun 2021 Secara Virtual di Wilayah Provinsi Jambi

Diposting pada: Rabu, 15 September 2021
Foto

Jambi (Humas) --Dalam rangka ambil bagian dalam ajang kompetisi nasional Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI, Bimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menggelar kegiatan Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Nasional XIV Tahun 2021 Secara Semi Virtual di wilayah Provinsi Jambi pada tanggal 8-10 September 2021 di salah satu hotel di Kota Jambi, dan dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia. Kegiatan UDG Nasional XIV ini mengambil tema “Menumbuhkembangkan Literasi dan Moderasi Beragama Untuk Mewujudkan Masyarakat Hindu yang Cerdas dan Berintegritas”.

Pembukaan dimulai dengan persembahan Tari Pendet yang ditarikan oleh 3 pemudi Pasraman Pura Indra Giri Lokha Jambi, dan dipersembahkan juga parade peserta oleh Made Windara dan Ni Nyoman Ita Ribayani sebagai perwakilan peserta dari kontingen Jambi dengan mengenakan pakaian adat Jambi.

Peserta sebanyak 17 orang berasal dari Pasraman di Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan didampingi oleh beberapa pendamping dan pelatih.

Agustinus Ferianto selaku Ketua Panita Pelaksana mengharapkan agar kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan menunjukkan dinamisime budaya, termasuk mengapresiasi prestasi anak-anak, para remaja dan muda-mudi dalam gelaran seni budaya Hindu.

Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian Kementerian Agama di bawah naungan pemerintah terhadap generasi umat Hindu di Provinsi Jambi dalam rangka membentuk generasi muda Hindu yang berkualitas dan mampu bersaing dalam kancah nasional yang betujuan untuk:

1. Meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan kitab suci Weda;

2. Meningkatkan sradha dan bhakti sebagai landasan terbentuknya susila Hindu;

3. Melestarikan dan mengembangkan dharma gita;

4. Meningkatkan kerukunan internal umat Hindu yang dinamis;

5. Menyamakan persepsi tentang dharma gita serta mengembangkan pengkajian mengenai kitab suci Weda.

Pembimas Hindu, I Putu Suratman yang mengharapkan kegiatan UGD ini dapat dijadikan sebagai sarana penanaman dan penghayatan nilai-nilai ajaran agama Hindu yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, meningkatkan sradh dan bhakti, media literasi guna menunmbuhkembangkan moderasi beragama, melestarikan dharmagita dan kearipan lokal, memantapkan kerukunan umat Hindu, meningkatkan pembacaan Weda dan nyanyian keagamaan Hindu, dan memperluas wawasan nyayian keagamaan Hindu.

Hal demikian pula yang diungkapkan oleh Plt. Ka.Kanwil, H. Zoztafia bahwa kegiatan pembinaan Dharma Gita merupakan metode pembinaan nyanyian suci yang mengandung nilai-nilai ajaran agama Hindu mengenai ajaran ketuhanan, ajaran etika dalam kehidupan sehari-hari, ajaran kegiatan dan upacara agama, ajaran kidung suci keagamaan yang dapat membantu para generasi muda Hindu untuk mendalami ajaran agama dengan selalu membaca kitab suci Weda, sehingga perilaku dalam kehidupan sehari-hari didasarkan pada ajaran Dharma dengan memegang teguh ajaran Tri Kaya Parisuda, yaitu Tiga Perbuatan Disucikan, yaitu Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan.

“Saya menyambut baik kegiatan Utsawa Dharma Gita Nasional XIV secara semi virtual ini. Mudah-mudahan kegiatan UDG ini memberikan manfaat baik,khususnya bagi umat Hindu di Provinsi Jambi,” tutur Zoztafia.

“Saya berharap kepada kita semua agar anak-anak peserta Utsawa Dharma Gita ini agar betul-betul menghayati lomba ini dengan baik, dan melakukan internalisasi apa yang dibaca, dipahami dalam kehidupan secara baik pula. Banyak belajar dari para pembimbing agar dapat sungguh-sungguh memahami ajaran agama Hindu sesuai dengan kitab suci Weda dengan baik dan mengaplikasinnya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari,” seru beliau.

Ketua Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Provinsi Jambi, Isnanto mengharapkan bahwa pelaksanaan UDG ini membentuk kepribadian luhur pemuda-pemudi Hindu, sehingga dapat menjadikan seseorang sebagai manusia yang berperilaku sesuai dengan dharma, yakni membentuk rasa kasih saying yang mendalam, menyucikan pikiran, perkatan, dan perbuatan, mengurangi sifat iri dengki dan sejenisnya, meningkatkan rasa bakti pada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, meningkatkan keinginan untuk melaksanakan tapa, brata, yoga,dan semadhi.

Isnanto mengungkapkan bahwa melalui Dharma Gita, seseorang dapat menghayati ajaran agama secara mendalam sehingga pikiran dan perasaannya menjadi luas, termasuk lagu-lagu keagamaan yang dilantunkan dapat meningkatkan rasa bakti pada Tuhan.



Sumber : Bimas Hindu

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani















Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi