Plt. Ka.Kanwil Dorong Tokoh Agama Hindu Perkuat Moderasi Beragama Guna Memperkokoh Persaudaraan dalam Aspek Keagamaan, Kebangsaan, dan Kemanusiaan

Diposting pada: Rabu, 15 September 2021
Foto

Jambi (Humas) --Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia mendorong para pemuka agama dan tokoh agama Hindu di Provinsi Jambi memperkuat moderasi beragama di Provinsi Jambi sebagai bagian program besar Kementerian Agama RI. Hal penting tersebut beliau serukan dalam pembukaan Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional XIV secara semi virtual, dimana untuk wilayah Provinsi Jambi digelar pada tanggal 8-10 September 2021 di salah satu hotel di bilangan Pasar Kota Jambi.

“Melalui kesempatan yang berbahagia ini, saya mengucapkan terima kasih kepada para pemuka agama dan tokoh agama Hindu di Provinsi Jambi yang telah bekerjasama dan bersinergi dengan baik selama ini dalam membangun kerukunan umat beragama di Provinsi Jambi,” ucap beliau.

Peran tokoh agama Hindu, menurutnya sangat penting dalam penguatan moderasi beragama sebagai tokoh agama yang diteladani oleh umat Hindu itu sendiri sebab kedamaian dan ketenagan dalam kehidupan beragama ini merupakan aspek penting yang mempengaruhi pembangunan nasional.

“Tugas selanjutnya yang merupakan program besar Kementerian Agama adalah bagaimana melakukan penguatan moderasi beragama yang dipahami melalui sikap pemahaman agama yang toleran, moderat, dan saling menghargai antara satu ajaran dengan ajaran yang lainnya,” sebut Zoztafia.

“Untuk itu, seluruh tokoh agama Hindu berdampingan melakukan penguatan moderasi beragama dengan memberikan pemahaman masing-masing dengan memberikan pemahaman kepada internal umat beragama masing-masing untuk bersikap toleran, moderat dan saling menghargai antara ajaran agama satu dengan yang lain,” dorong Plt Ka.Kanwil.

“Bagaimanapun tokoh agama Hindu harus memberikan pemahaman dan menyampaikan ajaran agama itu dengan baik dan damai,” imbuh beliau.

Beliau juga mendorong Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Provinsi Jambi agar sering berdiskusi dengan tokoh-tokoh agama dalam hal pemahaman ajaran agama termasuk penguatan moderasi beragama.

“Sesungguhnya moderasi beragama ini bukan merupakan antithesis radikalisme melainkan sesungguhnya moderasi beragama adalah nilai tertinggi kehidupan beragama sebagai ajaran terpenting menurut ajaran masing-masing agama. Tentunya dalam semua ajaran agama mengajarkan bagaimana menghargai ajaran agama lain, termasuk agama Hindu,” jelas beliau.

Plt KaKanwil mengungkapkan bahwa penguatan moderasi beragama ini merupakan hal penting dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara sebab rasa persaudaraan yang mencakup 3 aspek persaudaraan perlu diperkokoh, yakni aspek keagamaan, aspek kebangsaan, dan aspek kemanusiaan.

“Kita harus memahami bahwa kita dipersaudarakan dalam tiga aspek, yaitu kita bersaudara dari aspek keagamaan, kita juga bersaudara dalam aspek kebangsaan, termasuk penting kita bersaudara dalam aspek kemanusiaan. Inilah yang perlu kita sampaikan kepada umat masing-masing,” ungkap Zoztafia.

Perlu diketahui bahwa moderasi beragama telah menjadi program prioritas nasional yang telah ditetapkan melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan ditindaklanjuti melalui Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Agama.



Sumber : Bimas Hindu

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani













Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi