Kanwil Kemenag Jambi Wajibkan Seluruh ASN Sampaikan LHKASN

Diposting pada: Selasa, 14 September 2021
Foto

Jambi (Humas) --Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) merupakan kewajiban seluruh ASN. Di lingkungan Kementerian Agama RI, kewajiban penyampaian LHKASN ini diatur dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 126 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara pada Kementerian Agama.

Penyampaian LHKASN ini dikirimkan oleh masing-masing ASN ke Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI secara daring melalui aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Harta Kekayaan (SIHARKA) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, untuk selanjutnya disampaikan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Melalui aplikasi SIHARKA tersebut, seluruh ASN tersebut melaporkan harta kekayaan yang dimiliki, baik harta bergerak maupun harta tidak bergerak, penghasilan, dan pengeluaran per tahun. Hal ini dimaskudkan dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan negara bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Oleh karena pentingnya penyampaian LHKASN ini, maka Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi melalui Sub Bagian Organisasi Tata Laksana dan Kerukunan Umat Beragama membantu para ASN pada Kanwil Kemenag Jambi yang belum menyampaikan LHKASN sebanyak 17 orang pada Jumat (10/9) di Aula Kanwil.

Muchlis, staf pada Sub Bagian Ortala dan KUB memandu ke-17 ASN tersebut dalam mengisi LHKASN sehingga pelaporan yang dikirimkan adalah benar dan akurat adanya. “Lakukan pengisian LHKASN ini secara teliti. Jangan sampai salah isi apalagi salah mengisi yang berkaitan nominal harta kekayaan. Laporan yang sudah dikirimkan ke Itjen Kemenag RI, maka untuk perubahannya harus melapor ke Itjen,” sebut Muchlis.

Seluruh ASN yang belum menyampaikan LHKASN diharapkan segera menyelesaikan kewajiban tersebut. “Ditunggu sebelum akhir bulan ini. Kalau bisa segera kirim,” imbuh Muchlis.

Kepala Subbag Ortala dan KUB, Wahyudi Abdul Wahab menjelaskan bahwa verifikasi atas kewajaran LHKASN tersebut akan dinilai oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI, termasuk bahwa kelalaian atas kepatuhan Penyampaian LHKASN tersebut akan dijadikan sebagai pertimbangan sanksi ketidakpatuhan ASN.

Hal penting dari penyampaian LHKASN salah, satu syarat satuan kerja mendapatkan predikat Zona Integritas (ZI).



Sumber : Sub Bagian Ortala dan KUB

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi