Pembimas Hindu dan Pemangku Pasraman Dorong Pengabdian Diri Guru dan Pengurus Pasraman Sebagai Swadarma Selaku Umat Hindu

Diposting pada: Selasa, 14 September 2021
Foto

Jambi (Humas) --Pembimas Hindu, I Putu Suratman mengatakan bahwa pelaksanaan tugas-tugas sebagai guru, pengurus, dan perangkat pendidikan Pasraman merupakan bentuk pengabdian dan rasa cinta kepada anak-anak sebagai rasa bakti kepada Tuhan melalui pengajaran nilai-nilai ajaran agama Hindu kepada anak-anak di Pasraman/ Sekolah Minggu, sehingga menghasilkan generasi muda Hindu yang berbudi luhur sesuai dengan tujuan agama yang diajarkan.

“Terima kasih kepada para guru, pengurus, dan perangkat pendidikan Pasraman./ Sekolah Minggu yang telah mengabdikan dirinya dan berusaha membina anak-anak. Di Pasraman inilah anak-anak dapat mempelajari pemahaman dan penghayatan nilai-nilai ajaran Hindu melalui pendidikan agama dan keagamaan Hindu, termasuk seni budaya keagamaan Hindu yang sangat penting untuk digerakkan terutama bagi generasi muda Hindu,” ucap beliau.

Pemangku Pasraman, Jro Mangku Wayan Putu Subadra menjelaskan bahwa Pasraman adalah wadah pengajaran nilai-nilai ajaran Hindu kepada anak-anak sebagai generasi muda Hindu. Dengan demikian, selaku guru, pengurus, dan perangkat pendidikan Pasraman/ Sekolah Minggu diminta untuk bekerja dengan tulus dan ikhlas dalam menjalankan Pasraman dengan bekerja sebagai swadarma yang sangat mulia di hadapan Sang Hyang Widi.

“Artinya para guru memberikan pengajaran dengan niatnya tanpa mengharapkan untung rugi. Jangan sia-siakan dharma kita sebagai pendidik di Pasraman yang telah diperjuangkan sejak zaman resi dulu. Inilah sebenarnya Pasraman yang dibentuk sejak zaman resi dulu agar Pasraman memiliki kualitas yang lebih baik kedepannya,” jelas beliau.

Selaku Pemangku Pasraman, beliau meminta Para guru dan pendidik Pasraman/ Sekolah Minggu agar mengajar pada Pasraman tanpa memandang kuantitas anak didik. “Jangan melihat besar kecil dan banyak tidaknya murid, melainkan lakukankah swadharma pengajaran demi peningkatan kualitas anak-anak itu sendiri sehingga anak-anak tersebut memiliki kemampuan pemahaman pendidikan keagamaan Hindu yang lebih baik pula,” imbau beliau.

Dalam kehidupan keagamaan generasi mudah Hindu, sudah seharusnya anak-anak memahami dasar-dasar sloka dalam kitab suci Weda sejak dini, sehingga anak-anak terbiasa melakukan kebaikan di dunia ini. Inilah pentingnya kualitas pendidikan Pasraman yang baik demi kehidupan generasi muda Hindu yang lebih baik.

“:Sekecil-kecilnya apapun pengajaran yang diberikan oleh guru Pasraman kepada anak-anak, walaupun hanya setengah jam akan sangat berarti bagi perkembangan keagamaan anak-anak tersebut. Dalam sloka tertulis bahwa setinggi-tingginya pendidikan lebih baik daripada materi di dunia,” tutur beliau.



Sumber : Bimas Hindu

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi