Bimas Hindu Gelar Peningkatan Kompetensi Guru Pasraman/Sekolah Minggu

Diposting pada: Selasa, 14 September 2021
Foto

Jambi (Humas) --Sebagai bentuk perhatian pemerintah melalui Kementerian Agama terhadap para Guru Pasraman/ Sekolah Minggu di Provinsi Jambi, maka Bimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menggelar kegiatan Pembinaan Peningkatan Kompetensi Guru Pasraman/ Sekolah Minggu Dalam Melaksanakan Kurikulum Pendidikan di Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2021 pada Minggu (12/9) di salah satu hotel di Kota Jambi. Kegiatan tersebut dibuka oleh Pembimas Hindu, I Putu Suratman mewakili Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi.

Ketua Panitia Pelaksana, Agustinus Ferianto menyampaikan bahwa melalui pembinaan kepada 28 orang guru dan pengurus lembaga Pasraman/Sekolah Minggu di Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi ini diharapkan agar para guru, pengurus, dan perangkat pendidikan Pasraman dapat meningkatkan pemahaman dan integritas sebagai pendidik, sehingga tercipta tatanan sistem pendidikan yang baik dalam mewujudkan pendidikan agama Hindu yang berkualitas dan lebih maju kedepannya.

Pembinaan Guru Pasraman/ Sekolah Minggu ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang Program Pendidikan Agama dan Keagamaan, menciptakan program-program dan pengelolaan pendidikan yang baik, menciptakan pengelolaan kurikulum pendidikan agama dan keagamaan yang sesuai dengan standar nasional, dan menyelesaikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pengelolaan pendidikan keagamaan Hindu.

Pembimas Hindu, I Putu Suratman menjelaskan bahwa pembinaan ini sangat penting bagi guru dan pengurus Pasraman/ Sekolah Minggu sebab para guru dan pengurus Pasraman inilah yang nantinya akan berkecimpung langsung dengan masyarakat dalam membina anak-anak pada Pasraman/ Sekolah Minggu agama Hindu.

Lebih lanjut, materi-materi yang disampaikan dalam pembinaan ini diharapkan agar dapat dipahami bersama, untuk selanjutnya diharapkan akan dapat diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat melalui pembelajaran di Pasraman, selanjutnya selalu mendukung program pemerintah dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada umat.

Selanjutnya, sebagai upaya mencapai kemajuan dalam pendidikan di Pasraman/ Sekolah Minggu, maka semua pihak harus saling mendukung antara pemerintah, pengurus dan tenaga pendidik Pasraman, dan masyarakat yang dapat menunjang peningkatan mutu pendidikan di Pasraman/ Sekolah Minggu. Kemenag Jambi melalui Bimas Hindu akan terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan dan pihak-pihak lainnya dalam mengupayakan optimalisasi dukungan bagi pendidikan di Pasraman/ Sekolah Minggu.

“Selaku Pembimas Hindu wajib melakukan pengontrolan pendidikan di Pasraman/ Sekolah Minggu. Pihak Kanwil Kemenag Jambi melalui Bimas Hindu akan sering meninjau ke Pasraman sebagai bentuk pengawasan pemerintah terhadap pendidikan keagamaan di Provinsi Jambi,” tegas Pembimas Hindu.

Dalam pembinaan ini diberikan kesempatan bagi para guru, perangkat pendidikan, dan pengurus Pasraman untuk berdiskusi bersama demi peningkatan kualitas pendidikan Pasraman. “Seharusnya akan diungkapkan banyak pendapat dan masukan bagi kemajuan Pasraman, termasuk masukan bagi Kementerian Agama sendiri sehingga lebih baik lagi dalam memberikan dukungan dan pelayanan bagi umat,” tutur Pembimas Hindu.

Pemangku Pasraman, Jro Mangku Wayan Putu Subadra mengharapkan bahwa pembinaan ini menjadi bekal peningkatan kompetensi guru dan pengurus Pasraman/ Sekolah Minggu. “Kita harus terus belajar agar dapat menjalankan swadharma sebagai guru maupun pengurus atau pemimpin Pasraman atau lembaga lainnya,” dorong beliau.

Dalam pembinaan ini hadir sebagai narasumber yaitu Pemangku Pasraman, Jro Mangku Wayan Putu Subadra dan I Putu Aryanadi selaku guru sekaligus pengurus salah satu Pasraman di Kota Jambi.



Sumber : Bimas Hindu

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi