Kemenag Luncurkan Kartu Nikah Digital

Diposting pada: Senin, 30 Agustus 2021
Foto

Jambi (Humas) --Per Agustus, Kementerian Agama mulai menggunakan Kartu Nikah Digital sesuai dengan Surat Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama RI.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi telah mengeluarkan surat perihal Penggunaan Kartu Nikah Digital tersebut per tanggal 24 Agustus 2021. Dalam surat tersebut disampaikan bahwa kartu nikah yang diberikan adalah dalam bentuk digital yang bisa diakses di semua Kantor Urusan Agama (KUA) yang telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah Web).

Bagi pasangan pengantin baru dapat mengisi formulir pendaftaran nikah melalui Simkah Web di https://simkah.kemenag.go.id/ atau klik SimkahWeb. Pasangan calon pengatin harus mengisi data-data dengan lengkap, termasuk nomor telepon, dan alamat email yang masih aktif. Kemudian, kartu nikah akan diberikan secara digital melalui nomor WhatsApp maupun email yang didaftarkan.

Kartu Nikah digital ini juga diperuntukkan bagi pasangan yang sudah lama menikah dengan mendatangi Kantor Urusan Agama tempat menikah, selanjutnya data pernikahan dimasukkan ke dalam web Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah), dan kartu nikah digital akan dikirim dalam bentuk dokumen digital melalui email.

Tetapi bagi pasangan pengantin yang menghendaki kartu nikah fisik, bisa mengajukan permohonan kepada Kepala KUA selama persediaan kartu nikah di KUA tersebut masih ada. Dalam surat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi tersebut menyatakan bahwa stok kartu nikah fisik yang masih tersisa akan digunakan sampai habis kepada masyarakat yang menghendaki baik bagi pasangan baru menikah maupun yang telah lama menikah melalui permohonan tertulis kepada Kepala KUA.

Kementerian Agama memberikan layanan kartu nikah digital ini secara gratis sebagai layanan baru untuk mempermudah pasangan pengantin membawa dokumen nikah.



Sumber : Bidang Urais

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (hari ini) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (4 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (6 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (6 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (6 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi