Upaya Penanganan Covid-19, Kemenag dan Pemrov Jambi Teken Nota Kesepakatan Penggunaan Asrama Haji Sebagai Rumah Isolasi

Diposting pada: Selasa, 10 Agustus 2021
Foto

Jambi (Humas) --Pelaksana Tugas, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia dan Gubernur Jambi, Al Haris melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan Pemerintah Provinsi Jambi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi Tentang Penggunaan Asrama Haji Embarkasi Antara Provinsi Jambi Sebagai Rumah Isolasi Terintegrasi dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Provinsi Jambi pada Senin (9/8) di Aula Kanwil.

Penandatanganan tersebut turut disaksikan oleh Wakit Gubernur Provinsi Jambi, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Jambi, Kepala dan jajaran pejabat pada Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Banten, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Jambi, Kepala Biro Humas Provinsi Jambi, dan Pejabat Eselon III pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.

Plt Ka.Kanwil, H. Zoztafia menyebutkan bahwa penggunaan Asrama Haji Jambi sebagai rumah isolasi merupakan pemenuhan dari Instruksi Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pemanfaatan Asrama Haji Sebagai Tempat Penanganan Pasien Corona Virus Disease 2019. Hal ini merupakan wujud nyata kehadiran Kementerian Agamadalam upaya penanggulanan penyebaran Covid-19.

“Jajaran Kementerian Agama diinstruksikan untuk mengoptimalkan penggunaan Asrama Haji sebagai rumah isolasi,” sebut beliau.

Dalam penggunaan gedung asrama haji tersebut, tersedia tujuh gedung yang dapat digunakan untuk penanganan Covid-19, dimana enam gedung dapat dijadikan sebagai isolasi pasien dan satu gedung disediakan bagi tenaga kesehatan yang merawat pasien. Dari ketujuh gedung di Asrama Haji tersebut, Kementerian Agama Provinsi Jambi menyediakan sekitar 106 kamar kamar yang tersedia, yaitu 37 kamar dilengkapi dengan fasilitas AC dan 69 kamar dengan dilengkapi kipas angin. Sementara itu, untuk fasilitas tempat tidur, sudah tersedia 220 tempat tidur, yaitu 192 tempat tidur bagi pasien dan 28 tempat tidur untuk tenaga kesehatan.

"Semoga Asrama Haji ini bisa dimanfaatkan dengan baik, karena gedung ini sudah siap dipakai. Asal diperlukan, Arsama Haji terbuka penggunaannya bahkan terbuka luas untuk penggunaan lainnya," ujar Zoztafia.

Selanjutnya, Plt Ka.Kanwil berharap agar kerjasama antara Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi dan Pemerintah Provinsi Jambi dapat dilakukan secara lebih luas dan berkelanjutan.

“Kita berharap kerjasama yang dibangun akan berkelanjutan, mudah-mudahan kerjasama ini dapat mempererat persatuan kesatuan anta instansi sebab pada dasarnya instansi Kementerian di daerah tentunya tidak bisa lepas dari pemerintah daerah setempat,” harap beliau.

Gubernur Jambi, Al Haris mengapresiasi inisiasi pihak Kementerian Agama yang telah menyediakan Asrama Haji sebagai rumah isolasi sebagai salah satu upaya penanganan pnyebaran Covid-19.

“Terima kasih atas keterbukaan Asrama Haji sebagai rumah isolasi. Terutama pada saat terjadinya peningakatan kasus Covid-19 ini, telah berbagai ikhtiar dilakukan termasuk penggunaan Asrama Haji sebagai rumah isolasi sebab dibutuhkan perluasan rumah isolasi bagi pasien Covid-19,” tutur beliau

“Bagi masyarakat yang terpapar Covid-19 tanpa gejala yang saat ini isolasi mandiri di rumah masing-masing, saat ini sudah dapat isolasi di Asrama Haji, sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” imbuh beliau.



Sumber : Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani





Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi