Animated Short Movie Competition Upayakan Tingkatkan Kreasi Seni Budaya Islam

Diposting pada: Senin, 02 Agustus 2021
Foto

Jambi (Humas) --Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil melaksanakan Penilaian Islamic Animated Short Movie Competition Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2021 pada Sabtu (31/7) di salah satu hotel di Kota Jambi.

Enam peserta yang ambil bagian dalam kompetisi tersebut adalah MTs Negeri 2 Muaro Jambi dengan judul film animasi “Aku Sadar Ibadah” dan “Aku Sadar Gaul”, MTs Negeri 5 Batanghari dengan judul film animasi “Halal Itu Penting”, MAN 1 Bungo dengan judul film animasi “Milenial Sadar Halal”, MAN 1 Merangin dengan judul film animasi “Sholat Tepat Waktu”, dan MAN 3 Kota Jambi dengan judul film animasi “Haram Dari Mananya?”.

Sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama RI Nomor 203 Tahun 2021, Nur Kumala Dewi selaku Kepala Seksi Siaran Keagamaan Islam Subdirektorat Seni, Budaya, Siaran Keagamaan Islam Direktorat Penerangan Agama Islam Dirjen Bimas Islam

menjelaskan bahwa pelaksanaan kompetisi film pendek Islami ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk meningkatkan seni budaya Islam dan memberikan kesempatan berkreasi bagi generasi muda melalui film pendek Islami.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Bidang Penerangan Agama peran dakwah Islam bagi generasi muda melalui perkembagan ilmu teknologi. Tahun ini temanya film animasi,” jelasnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Ketua Panitia, Aries Sepda yang menyebutkan bahwa penyelenggaraan kegiatan Penilaian Islamic Animated Short Movie Competition bertujuan untuk menyiarkan agama Islam kepada masyarakat, menlestarikan dan mengembangkan potensi dalam berkreativitas dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, melestarikan seni budaya serta menjaga kearifan lokal yang bernuansa Islami, meningkatkan rasa cinta dan bangga bagi generasi muda akan seni budaya Islam, dan memberikan kesempatan berkreativitas dalam menyiarkan agama Islam pada generasi muda.

Aries menambahkan, bahwa jumlah peserta yang mendaftar sejak pendaftaran dimulai sampai batas akhir pendaftaran pada 2 Juli 2021 lalu berjumlah 16 judul film, namun 10 merupakan film dokumenter sehingga dinyatakan gugur karena tidak sesuai dengan kriteria penilaian, yaitu film animasi. Dengan demikian, jumlah judul film animasi yang dinilai oleh dewan juri adala hanya 6 judul film animasi. “Inilah hasil karya asli Jambi. Hasil karya putra-putri Jambi,” sebutnya.

Kabid Penais dan Zawa, H. Abd. Rahman Sayuti mengatakan bahwa karya film animasi adalah salah satu bagian dakwah Islam sehingga perlu dioptimalkan kreativitas pembuatan film animasi tersebut untuk mendukung misi dakwah Islam. “Kedepannya semoga ada peningkatan peserta yang ikut sebagai bentuk kreativitas dakwah para milenil untuk menambah dan mendidik wawasan para milenial mengenai pemahaman Islam,” ujarnya.



Sumber : Bidang Penais dan Zawa

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani





Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi