Kemenag Jambi dan Pemangku Kepentingan Terkait Berkomitmen Tanggulangi Gizi Buruk Pada Anak

Diposting pada: Jumat, 23 Juli 2021
Foto

Jambi (Humas) --Kasus gizi buruk atau stunting, yakni kondisi gagal pertumbuhan tubuh dan otak pada anak di Provinsi Jambi hingga kini masih cukup tinggi, terutama di sejumlah Kabupaten. Akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama ini menyebabkan perawakan anak yang lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir.

Permasalahan gizi buruk pada anak di Provinsi Jambi telah menjadi perhatian penting dengan jumlah angka 30,1 persen pada tahun 2018. Namun, terdapat angka gizi buruk yang tinggi di Kabupaten Kerinci yaitu 42,4 persen, Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebesar 40,9 persen, dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebesar 44 persen. Hal ini diperoleh berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Tahun 2018.

Menjawab tantangan tersebut, Kanwil Kemenag Jambi bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi menggelar Talk Show Stop Perkawinan Anak dan Stunting Dalam Rangka Hari Anak Nasional dengan tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju” pada Kamis (22/7) di Aula Kanwil.

Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia menyampaikan bahwa jajaran Kementerian Agama Provinsi Jambi akan terus mengambil langkah sebagai upaya menangani permasalah gizi buruk pada anak melalui Penyuluh Agama dan jajaran KUA untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat luas dengan memberikan solusi pencegahan dan mitigasi permasalahan gizi buruk pada anak, termasuk pentingnya pemahaman pemberian asupan gizi maksimal pada anak.

Hasan Basri Agus (HBA), Anggota Komisi VIII DPR RI menjelaskan bahwa melalui berbagai program pemerintah akan terus berupaya menekan jumlah angka gizi buruk pada anak di Indonesia. Namun yang terpenting adalah pengawasan pemerintah terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak pada daerah setempat. Termasuk, Komisi VIII DPR RI memiliki tanggung jawab besar dalam mensejahterakan anak.

“Peningkatan gizi melalui program kesehatan, termasuk penilaian Kota Layak Anak. Inilah salah satu motivasi pemerintah untuk mengurangi gizi buruk pada anak. Pemerintah harus tahu betul perkembangan anak di daerahnya. Jangan sampai ada anak di daerahnya yang kurang gizi,” serunya.

HBA juga mendorong adanya apresiasi penghargaan dari Pemerintah bagi daerah provinsi, kabupaten, kecamatan yang berhasil meningkatkan angka kesejahteraan anak, termasuk mengurangi angka gizi buruk pada anak di derah tersebut.

Munawir Ibrahim selaku Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi memandang bahwa perkawinan anak pada usia dini salah satunya dapat menyebabkan risiko masalah gizi buruk atau stunting pada anak. “Kedua hal ini saling berhubungan. Seorang ibu yang menikah pada usia dini cenderung tidak siap dari segi kematangan. Jadi anak melahirkan anak.

Dari data yang tersedia, dirinya merasa persoalan gizi buruk di Provinsi Jambi sangat dilematis “ Bahkan pernah Indonesia seharusnya sangat malu dengan angka stunting mencapai di atas 40 pesen dari jumlah anak-anak yang lahir di Indonesia. Provinsi Jambi telah mencapai di atas 22 persen dari angka nasional

Provinsi Jambi dalam telah berupaya semaksimal mungkin, termasuk BKKBN Provinsi Jambi secara rutin mendata kepastian jummlah angka anak-anak yang mengalami gizi buruk. “Jadi, kita tahu pasti jumlah anak dengan gizi buruk di Jambi ini, Ini sangat penting untuk terus didata guna berbagai aksi dan langkah berikutnya guna mengatasi stunting ini di masa akan datang,” tuturnya.

Dalam hal ini, BKKBN sangat berkomitmen menjadi koordinator pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan permasalahan gizi buruk di Indonesia. Termasuk di Provinsi Jambi sesuai dengan amanat Presiden RI.

“Angka yang dituju adalah 14 persen pada tahun 2024 yang akan datang. Berarti ada 8 persen angka stunting yang harus kita turunkan sampai pada tahun 2024,” sebutnya.

Dalam Islam pun, menurut Hadri Hasan, Ketua MUI Provinsi Jambi berpandangan bahwa kesejahteraan anak adalah tanggung jawab utama orang tua. “Jangan biarkan anakmu dalam keadaan lemah,” beliau memberi pandangan.



Sumber : Bidang Urusan Agama Islam

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi