Peringati Hari Anak Nasional 2021, Kanwil Gelar Talkshow Stop Perkawinan Anak dan Stunting

Diposting pada: Kamis, 22 Juli 2021
Foto

Jambi (Humas) --Indonesia menduduki peringkat kedua di Asean dan peringkat kedelapan di dunia kasus perkawinan anak. Diketahui, sekitar 22 dari 34 Provinsi di tanah air memiliki angka perkawinan anak yang lebih tinggi dari rata-rata nasional., sementara untuk Provinsi Jambi menduduki peringkat ke-9 tertinggi dari 22 Provinsi tersebut. Ini menghawatirkan, pasalnya pemerintah telah mengatur dengan jelas batas minimal perkawinan menjadi 19 tahun, dan memperketat aturan dispensasi perkawinan dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Perkawinan.

Permasalahan Stunting (kondisi gagal pertumbuhan tubuh dan otak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama) pada anak juga tak kalah penting, bahwa di Provinsi Jambi meskipun proporsi stunting dapat ditekan dari 37% ditahun 2013 menjadi 30,1 di tahun 2018 (sedikit dibawah angka nasional), namun terdapat prevalensi di Kabupaten dalam Provinsi Jambi termasuk kategori masalah stunting berat (>40%) seperti di Kabupaten Kerinci 42,4%, Tanjab Timur 40,9% dan Tanjung Jabung Barat 44 %.

Berbagai upaya pemerintah dan program pemerintah untuk mengatasi perkawinan anak dan permasalahan stunting terus dilakukan. Lebih lanjut perlu adanya upaya yang lebih cepat, besar dan terpadu untuk menjawab persoalan ini, oleh karena itu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi dalam rangka Hari Anak Nasional Tahun 2021 ini bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jambi melaksanakan Talkshow dengan tema “Stop Perkawinan Anak dan Permasalahan Stunting“ Kamis, (22/07) di Aula Kanwil.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan kepada masyarakat luas tentang fenomena Perkawinan Anak dan Permasalahan stunting di Provinsi Jambi, memberikan sosialisasi dampak-dampak yang timbul akibat dari Perkawinan Anak dan Permasalahan Stunting serta memberikan solusi pencegahan dan mitigasi terhadap Perkawinan Anak dan permasalahan Stunting, khusunya di Provinsi Jambi, demikian terang Plt. Kakanwil H. Zostavia dalam arahannya saat membuka acara.

Hadir sebagai narasumber Talkshow : Drs.H.Hasan Basri Agus, MM (anggota DPR RI Komisi VIII), Prof.DR.KH.Hadri Hasan, M.A (Ketua Umum MUI Provinsi Jambi), Dra. Lutpiah (Kepala Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Perempuan dan Pengendalian Penduduk Provinsi Jambi dan Munawir Ibrahim, S.KP, M.PH (Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi).

Acara yang berlangsung selama satu jam ini berlangsung apik dan terurai harapan bersama semoga Jambi bebas dari perkawinan anak dan stunting.

Selamat Hari Anak Nasional Tahun 2021. Anak terlindungi, Indonesia Maju.



Sumber : Bidang Urais

Penulis : Nevi Purbawati

Editor : Paspihani





































Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi