Keluarga Besar Kanwil Laksanakan Ibadah Kurban

Diposting pada: Rabu, 21 Juli 2021
Foto

Jambi (Humas) --Sebagai wujud pemenuhan perintah Allah SWT bagi umat Islam, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi melaksanakan ibadah kurban 1442 H/2021 M pada Rabu (21/7) di halaman belakang Kanwil.

Peserta ibadah kurban pada tahun ini sebanyak 28 orang, terdiri dari Pejabat Eselon II 1 orang, Pejabat Eselon III sebanyak 6orang, 10 orang Pejabat Eselon IV, dan 11 orang Pejabat Fungsional serta Staf pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi. Sementara jumlah hewan kurban yang dikurbankan pada tahun ini adalah 3 kerbau dan 1 sapi.

Ketua pelaksana, H. Zeifni Ishaq menyampaikan bahwa pelaksanaan ibadah kurban ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan meningkatkan rasa toleransi dan kesetiakawanan sosial kepada sesama dalam rangka meningkatkan pembinaan ibadah sosial di tengah-tengah masyarakat.

Plt.Ka.Kanwil, H.Zoztafia dalam arahannya mengatakan, pelaksanaan Ibadah Kurban merupakan salah satu ajaran dalam agama Islam yang tertuang dalam Al Quran sebagaimana kisah nabi Ibrahim yang Allah SWT perintahkan untuk menyembelih anaknya Ismail AS sebagai ujian.

Ujian yang luar biasa ini bagi keluarga nabi Ibrahim dapat begitu ikhlas diterima oleh seluruh anggota keluarganya karena mereka memiliki seorang ayah yakni seorang Ibrahim As yang berintegritas, jujur tidak pernah berbohong.

“Kita ketahui dalam sejarahnya, manakala Ismail akan disembelih, maka Allah gantikan dengan seekor kibas (kambing, red), maka inilah menjadi awal mula teladan ibadah kurban yang menjadi salah satu wujud ketaqwaan umat islam kepada Allah SWT,” jelasnya.

Ibadah kurban selain sebagai manifestasi ketaqwaan seorang hamba atas perintah Allah SWT secara spiritual, ibadah ini juga dimaksudkan dapt menyentuh secara sosial. Dengan berkurban, seseorang telah menunjukkan kepekaan terhadap kondisi orang lain, berbagi kebahagiaan melalui pembagian daging kurban kepada orang sekitar yang berhak menerimanya.

Selanjutnya daging kurban itu akan dibagi rata dengan jumlah pembagian dagingkan dakan disesuaikan dengan keadaan dagimg secara keseluruhan, untuk kemudian didistribusikan melalui 400 kupon yang direncanakan mulai pukul 10.00 WIB s.d 12.00 WIB.

“Melihat situasi pandemi covid-19 ini, sistem pendistribusian akan diantarkan langsung kepada masyarakat yang dianggap layak menerima daging kuban untuk menghindari kerumunan di area kantor. Jadi, tidak ada pembagian daging kurban di area kantor,” jelas Zeifni.

Beberapa pegawai CPNS angkatan 2019 pun terpanggil untuk ikut berkurban pada tahun ini untuk memenuhi kewajiban sebagai umat muslim. Diky Pranata Kusuma, salah satu CPNS 2019 tersebut menuturkan bahwa antusias keikutsertaan CPNS 2019 menjadi peserta kurban juga sebagai wujud rasa syukur telah menjadi bagian dari ASN Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.

“Allhamdullilah CPNS 2019 diberi kesempatan untuk ikut serta dalam berkurban sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Ini juga sebagai bentuk solidaritas kami CPNS 2019 sebagai bagian dari ASN Kementerian Agama Provinsi Jambi, serta untuk memperkuat silaturahmi dan berbagi untuk sesama. Tentu saja tujuan utama adalah mengharap ridho Ilahi,” tuturnya.



Sumber : Bidang Urusan Agama Islam

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi