Pastikan Pelaksanaan Ibadah Kurban Sesuai Syariat Islam, Kanwil Kemenag Jambi Monitor RPH-R Kota Jambi

Diposting pada: Rabu, 21 Juli 2021
Foto

Jambi (Humas) --Dalam rangka menindaklanjuti SE Menag Nomor 16 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Malam Takbiran, Shalat Iduladha, dan Qurban di Luar Wilayah PPKM Darurat, Bidang Urusan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi melaksanakan pemonitoran dan pengawasan terhadap Rumah Potong Hewan (RPH) di Kota Jambi pada tanggal 16 – 17 Juli 2021.

Pelaksana pemonitoran dan pengawasan RPH, Hj. Nurcahaya mengungkapkan bahwa tujuan dari pemonitoran terhadap RPH di Kota Jambi tersebut adalah memastikan bahwa pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pada masa pandemi covid-19 tahun 2021 ini yang dilakukan di RPH-R tetap dapat berjalan sesuai dengan syariat Islam atau halal.

Nurcahaya menyebutkan bahwa sudah menjadi tugas Kementerian Agama untuk melakukan pengawasan dalam rangka memastikan kesiapan RPH-R dalam melaksanakan penyembelihan hewan kurban, khususnya pada tahun ini penyembelihan hewan kurban diimbau untuk dilakukan di RPH-R.

“RPH resmi di Kota Jambi ini baru satu. Pemonitoran dan pengawasan ini untuk mengecek dan memastikan kesiapan RPH tersebut menjelang hari H pelaksanaan ibadah kurban. Tugas kita untuk periksa RPH sebelum pelaksanaan di Hari H,” ungkapnya.

Dari hasil pemonitoran tersebut dilakukan diskusi dengan unit pelaksana teknis RPH-R, Kepala Dinas Peternakan, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Dokter Hewan, serta dengan Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Jambi. Dari hasil diskusi dijelaskan bahwa pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di RPH memiliki 3 keuntungan, yaitu terjaminnya kesehatan hewan yang dipotong, tukang potong hewan sudah bersertifikasi halal dan pemotongan hewan sesuai dengan syariat Islam, dan pemotongan hewan sudah berstandar ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal).

Dijelaskan pula bahwa sebelum pemotongan, hewan kurban harus didaftarkan untuk mendapatkan vaksin hewan oleh tim kesehatan RPH yang berada di setiap tempat atau kecamatan di Kota Jambi. Hingga saat ini, jumlah hewan yang sudah dicek kesehatannya dan sudah divaksin berjumlah 4.105 hewan yang selanjutnya sudah siap untuk dikurbankan pada tahun 1442 H/ 2021 M ini.

Sementara kapasitas pemotongan hewan di RPH-R tersebut adalah 500 ekor hewan perhari dengan fasilitas kesehatan, juru potong hewan, dan pemotongan dengan menggunakan alat bantu mesin.

Hasil pemonitoran dan pengawasan ini akan dilaporkan kepada Kementerian Agama RI sebagai bentuk pemenuhan tugas dan tanggung jawab atas surat edaran Menteri Agama tersebut.



Sumber : Bidang Urusan Agama Islam

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi