Ka.Kanwil Serukan Penyuluh Agama Kristen Non PNS Turut Gaungkan Moderasi Beragama

Diposting pada: Selasa, 06 Juli 2021
Foto

Jambi (Humas) --Para Penyuluh Agama Kristen Non PNS memiliki peran penting dan strategis untuk mendukung upaya pemerintah dalam memperkokoh budaya moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat Indonesia, khususnya provinsi Jambi yang majemuk. Hal tersebut ditekankan oleh Ka.Kanwil, H. Muhamad saat membuka kegiatan Pembinaan Penyuluh Agama Kristen Non PNS beberapa hari lalu di salah satu hotel di Kota Jambi.

Penyuluh Agama sebagai motivator dan dinamisator keagamaan diharapkan dalam mengoptimalkan perannya untuk terus mensosialisasikan pentingnya moderasi beragama dengan menghargai keragaman keyakiman agama, sehingga dapat menciptakan kedamaian dan menyelamatkan umat dari ektremisme, intoleran, dan aksi kekerasan.

“Kita harus bisa hidup dalam ke-Bhinnekaan dalam negara dengan satu tujuan. Pemahaman inilah yang harus disampaikan kepada umat melalui peran para penyuluh agama,” tegas Ka.Kanwil.

Hidup beragama harus rukun, damai, harmonis. Hidup beragama dengan keyakinan masing-masing adalah hak umat beragama. Hormati hak masing-masing umat beragama agar bisa hidup saling berdampingan dalam perbedaan umatberagama tersebut. Inilah yang menjadi tujuan penting Kementerian Agama,” sebut Ka.Kanwil.

Moderasi beragama juga masih menjadi solusi dan formula penting dalam mencegah paham-paham radikal dan liberal, serta mengatasi berbagai persoalan unat, khususnya persoalan radikalisme keagamaan, dan fanatisme berlebihan di era globalisasi saat ini yang memerlukan sebuah sikap proporsional dan adil.

Moderasi beragama inilah yang akan terus digaungkan oleh Kementerian Agama sebagai bagian dari program strategis Kementerian Agama demi kebaikan dan kesejateraan umat. “Penyuluh agama sebagai perpanjangan tangan pemerintah harus turut berperan dalam mensosialisasikan moderasi beragama tersebut,” tutur Ka.Kanwil.



Sumber : Bimas Kristen

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi