Ka.Kanwil Minta Penyuluh Agama Kristen Non PNS Handal dan Profesional

Diposting pada: Selasa, 06 Juli 2021
Foto

Jambi (Humas) --Bimas Kristen Kanwil Kemenag Provinsi Jambi memberikan pembinaan kepada 35 Penyuluh Agama Kristen Non PNS yang yang berasal dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Batanghari, dan Kota Jambi, beberapa hari lalu di salah satu hotel di Kota Jambi.

Pentingnya peran Penyuluh Agama Kristen sebagai ujung tombak pemerintah dalam melaksanakan bimbingan keagamaan dan penyuluhan pembangunan melalui bahasa agama, maka pembinaan bagi para penyuluh ini dianggap sangat penting untuk dilaksanakan dengan tujuan, antara lain:

1. Meningkatkan mutu pelayanan bagi penyuluh sehingga lebih akuntabel dan kompeten;

2. Memberikan pemahaman mengenai petunjuk teknis tugas pokok dan fungsi penyuluh, sehingga dapat membantu para Penyuluh Agama Kristen Non PNS untuk lebih memahami tugas dan tanggung jawab, serta hak dan kewajiban sebagai Penyuluh Agama Kristen Non PNS;

3. Meningkatkan kompetensi para Penyuluh Agama Kristen Non PNS agar mampu menyadarkan masyarakat, melindungi, dan menjauhkan masyarakat, dari sikap kekerasan dalam rumah tangga;

4. Menanamkan pemahaman bahwa keluarga merupakan persekutuan yang paling erat dan akrab, saling mengasihi, serta takut dan bertanggung jawab kepada Tuhan.

Hal tersebut juga ditekankan oleh Ka.Kanwil, H.Muhamad yang meminta para Penyuluh Agama Kristen Non PNS agar terus hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pencerahan, pembinaan, dan pendampingan, sebagai bagian dari keluarga besar Kementerian Agama yang berperan memberikan pemahaman dan pengamalan ajaran agama kepada umat.

“Pemerintah tidak mungkin bisa hadir secara langsung menjangkau masyarakat secara luas. Jadi, pemerintah menunjuk dan mengangkat para penyuluh dalam rangka pelaksanaan tugas pemerintah tersebut sebagai wujud kehadiran pemerintah. Penyuluh Agama merupakan tonggak pemerintah untuk memberikan pembinaan, pendampingan mengenai pemahaman agama kepada umat sesuai dengan kondisi pada masyarakat guna memberikan penerangan demi kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” ujar Ka.Kanwil.

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat melalui upaya peningkatan kompetensi para penyuluh, maka kegiatan pembinaan bagi para penyuluh ini perlu diupayakan semaksimal mungkin agar berguna bagi para penyuluh, untuk selanjutnya diaplikasikan dalam kegiatan penyuluhan yang bersangkutan.

“Pembinaan ini harus bisa meningkatkan kompetensi para penyuluh agama yang berkualitas dan memiliki komitmen kuat terhadap institusi, pemerintah, dan NKRI. Dengan demikian para penyuluh menjadi lebih handal , profesional, dan mampu bekerja secara maksimal di tengah-tengah masyarakat,” imbuh Ka.Kanwil.



Sumber : Bimas Kristen

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi