Ka.Kanwil Minta Hasil Diklat Dapat Diaplikasikan Dalam Tugas Maupun Pekerjaan

Diposting pada: Jumat, 02 Juli 2021
Foto

Jambi (Humas) --Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama RI bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menggelar kegiatan Forum Group Discsussion (FGD) Validasi Hasil Sinkronisasi Data dan Analisis Data Kebutuhan Pendidikan dan Pelatihan pada Kamis (1/7).

Bertempat di aula Kanwil. Kegiatan FGD tersebut dihadiri sebanyak 22 peserta dari kalangan yang terdiri dari beberapa Pejabat Eselon III Kanwil, PIC Simdiklat, Pengelola Data Penyuluh, Pengelola Data Guru, Pengelola Data Kepenghuluan, Pengelola Data Pengawas, Pengelola Data Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Pengurus Organisasi Profesi Penyuluh, Pengurus Organisasi Profesi Penghulu, Pengurus Organisasi Pengawas, Pengurus Organisasi Profesi Guru, Pengurus Kelompok Kerja Kepala Madrasah, Pengurus Forum Komunikasi Pondok Pesantren.

Ka.Kanwil, H.Muhamad menyebutkan bahwa pelatihan dan pendidikan dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi sumber daya pegawai di lingkungan Kementerian Agama. Oleh karena itu, beliau mengingatkan agar seluruh ASN Kementerian Agama Provinsi Jambi yang ditunjuk untuk mengikuti sebuah pendidikan dan pelatihan agar menunjukkan hasil, berupa karya inovasi yang bermanfaat bagi instansi dan masyarakat.

“Ketika mengikuti diklat, harus ada output yang dihasilkan yang bermanfaat bagi orang banyak. Jangan ikut diklat, tapi tidak ada hasil yang terlihat,” ucap Ka.Kanwil mengingatkan.

Selanjutnya, Ka.Kanwil mengingatkan agar peserta diklat membagikan ilmu dan pengalaman yang diterima semasa diklat kepada rekan-rekan lainnya sehingga manfaat diklat tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri, namun juga berguna bagi orang lain.

“Ini yang perlu dipikirkan agar diklat tidak hanya sekedar bagi personal, namun bagi instansi dan masyarakat. Hasil diklat itu jangan terhenti hanya sebatas padadiri sendiri saja, misalnya hanya sekedar untuk naik pangkat atau hanya untuk pemenuhan kepentingan pribadi lainnya,” tegas Ka.Kanwil.

Untuk itu, Pusdiklat Kemenag RI perlu memperhatikan indikator peserta yang tepat untuk mengikuti suatu pendidikan dan pelatihan, dan juga menyediakan pelatihan dan pendidikan yang tepat dan sesuai bagi masing-masing individu ASN Kementerian Agama agar manfaat diklat tersebut terukur. Lagipula, banyak ASN Kementerian Agama Provinsi Jambi yang memiliki kecakapan dan kemampuan, terutama semangat tinggi yang jika dibina dan diberi pendidikan dan pelatihan, serta bimbingan teknis yang tepat, maka akan menaikkan nama instansi ini sendiri.

“Karakter dan semangat seperti inilah yang.perlu terus dididik, dilatih, dan dibimbing melalui pendidikan dan pelathan yang tepat, maka akan dapat menghadapi apapun tantangan kedepannya. Senangat itulah yang akan mendorong mereka mempelajari hal-hal baru sebagai pengetahuan dan pengalaman baru demi pengembangan kompetensi diri” tutur Ka.Kanwil.

Pada akhirnya, hasil diklat yang diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pekerjaan dalam instansi atau lembaga akan mendorong citra positif instansi atau lembaga itu sendiri.



Sumber : Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi