Pimpinan Gereja dan Para Tokoh Agama Kristen Ikuti Dialog Kerukunan Intern Umat Beragama

Diposting pada: Jumat, 02 Juli 2021
Foto

Jambi (Humas) --Sebanyak 35 pimpinan gereja dan tokoh agama Kristen di Kota Jambi, Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Batanghari, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur diundang untuk mengikuti kegiatan Dialog Kerukunan Intern Umat Beragama Kristen dan Moderasi Beragama yang diselenggarakan Bimas Kristen Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi pada Selasa (29/6) di salah satu hotel di Kota Jambi.

Sri Simanjuntak selaku Ketua Panitia menyebutkan bahwa kegiatan tersebut ditujukan pada beberapa hal, antara lain, memperkokoh kerukunan umat beragama, sekaligus mendorong partisipasi aktif para pimpinan gereja dan tokoh agama Kristen dalam upaya peningkatan kerukunan intern dan antar umat beragama, meningkatkan pemahaman penatalayanan dan kemandirian gereja untuk meningkatkan mutu pelayanan gereja yang berkualitas, memahami peranan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam membangun, memelihara, dan memberdayakan peranan umat beragama Kristen serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Mewakili Ka.Kanwil, Saroli Waruwu selaku Pembimas Kristen menyatakan rasa syukur atas kerukunan intern dan antar umat beragama yang masih kuat di provinsi Jambi.

“Umat beragama masih bisa menjalankan keyakinan dengan bebas tanpa mengganggu satu sama lain. Kerukunan umat beragama dan pemerintah juga masih terjalin harmonis,” sebut Saroli.

Selanjutnya, sebagai tugas pokok dan fungsi Kementerian Agama dalam menjaga kerukunan umat beragama, Kementerian Agama Provinsi Jambi akan terus menggaungkan moderasi beragama dalam setiap kesempatan. Oleh karena itu, Saroli mendorong peran aktif para tokoh agama Kristen untukmenyosialisasikan moderasi beragama. “Kerukunan umat beragama ini adalah bagian tugas kita untuk mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama manusia,” ujarnya.

Dalam upaya menjaga kerukunan umat beragama ini, Saroli mendorong koordinasi yang bersinergi antara pimpinan gereja, para tokoh agama bersama dengan pemerintah daerah setempat. “Umat Kristen memiliki hak yang sama untuk menjalankan keyakinannya di provinsi Jambi ini,” imbuhnya.

Terkait perkembangan gereja, Saroli mendorong para tokoh agama untuk membinakeyakinan umat Kristen dalam pertumbuhan dan pengembangan kualitas keyakinan umat.

“Gereja dan umat Kristen akan terus berkembang. Kedepannya, Bimas Kristen Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi akan terus memperbaharui data gereja maupun pelayan gereja, dan umat Kristen di provinsi Jambi. Dan hal ini tentunya butuh koordinasi dan kerjasama dengan para pimpinan gereja,” lanjutnya.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Sekretaris FKUB Kota Jambi, Fuad Rahman, selaku narasumber yang menyampaikan pemahaman mengenai Tugas dan Peran Strategis FKUB dalam Mengatasi Konflik Bernuansa Agama dan Pendirian Rumah Ibadah.

Hadir pula Praeses HKBP Distrik XXV Jambi, Pdt. Hardi Bontor Lumbantobing yang memberikan pemahaman mengenai pentingnya penatalayanan dan kemandirian gereja dalam upaya memenuhi panggilan gereja dalam membangun kehidupan bersekutu, melayani, dan bersaksi, serta penatalayanan gereja yang terus berjalan dalam bingkai kerukunan intern dan antar umat beragama.



Sumber : Bimas Kristen

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi