Penuhi Tugas Penyuluhan, Ka.Kanwil Dorong Para Penyuluh Agama Islam Sentuh Orang Rimba

Diposting pada: Senin, 28 Juni 2021
Foto

Jambi (Humas) --Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad mendorong agar para Penyuluh Agama Islam turut memberikan penyuluhan dan bimbingan agama bagi orang rimba (Suku Anak Dalam, red) di Provinsi Jambi. Sebab, tugas penyuluhan yang harus dilakukan oleh para Penyuluh harus menyentuh seluruh lapisan masyarakat, termasuk Suku Anak Dalam yang mendiami sejumlah kawasan di Provinsi Jambi. Dorongan penting inilah yang disampaikan Ka.Kanwil kesempatan Pemilihan Penyuluhan Agama Islam Teladan Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2021 beberapa hari yang lalu.

“Akan menjadi pertanyaan masyarakat mengenai keberadaan orang rimba apakah tersentuh atau tidak. Bagaimanapun juga mereka juga berhak mendapat binaan dan bimbingan sesuai agamanya. Ini yang menjadi catatan kita agar mendapat perhatian,” ujar Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil meminta para Penyuluh Agama Islam memikirkan kreasi dan inovasi penyuluhan bagi orang rimba sebagai bukti pemenuhan tugas dan fungsi penyuluhan tersebut. “Ini akan menjadi keunikan luar biasa ketika melakukan penyuluhan bagi Suku Anak Dalam sebagai bukti penyuluhan bagi semua penduduk itu tersentuh,” kata Ka.Kanwil.

Selanjutnya, sentuhan penyuluhan bagi orang rimba ini sudah menjadi bagian dari tanggung jawab Penyuluh bersama Pemerintah Daerah setempat. “Ini adalah tugas dan tanggung jawab Penyuluh bersama pemerintah daerah setempat untuk memenuhi hak Suku Anak Dalam untuk mendapatkan bimbingan dan edukasi agama,” lanjut Ka.Kanwil.

Akan menjadi sejarah penting ketika dalam penyuluhan yang dilakukan oleh Penyuluh Agama Islam kepada mereka terjadi perkembangan. “Akan menjadi historis yang menjadi catatan penting ketika ada perubahan bagi mereka sampai bisa sholat dan mengaji,” sebut Ka.Kanwil.

Sesuai dengan aturan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam menyatakan bahwa Penyuluhan agama Islam adalah proses pengubahan perilaku agar sesuai dengan ajaran Islam yang dilakukan melalui penyebaran informasi, komunikasi, motivasi dan edukasi baik secara lisan, tulisan, peragaan maupun pendampingan kepada kelompok binaan sehingga memunculkan pemahaman yang sama, pengetahuan dan kemauan untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan sosial keagamaan.



Sumber : Bidang Penais dan Zawa

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi