Kanwil Kemenag Gelar Pemilihan Penyuluhan Agama Islam PNS dan Non PNS Teladan Tingkat Provinsi

Diposting pada: Senin, 28 Juni 2021
Foto

Jambi (Humas) --Setelah sebelumnya dilakukan penilaian dari berbagai aspek terhadap para Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS dari 11 kabupaten/kota, maka akhirnya terpilih sebanyak 22 Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS yang berhak mengikuti Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2021 yang digelar pada tanggal 25 s.d. 26 Juni 2021. Bertempat di salah satu hotel di Kota Jambi, pemilihan Penyuluh Agama Islam tersebut diikuti oleh 11 Penyuluh Agama Islam PNS utusan kabupaten/kota dan 11 Penyuluh Agama Islam Non PNS utusan kabupaten/kota.

Sementara itu, dewan juri/tim penilai yang ditunjuk berasal dari tenaga profesional yang memiliki kompetensi di bidang dakwah dan penyuluhan, terdiri dari unsur akademisi, praktisi, dan peneliti. Para tim penilai tersebut akan memberikan penilaian terhadap 22 peserta tersebut dari 5 aspek penilaian, yaitu aspek portofolio, aspek kreativitas dan inovatif dari video aktivitas penyuluhan yang dilakukan selama ini, dan aspek narasi binaan berbentuk karya tulis ilmiah, aspek presentasi yang dilakukan oleh peserta di hadapan para penilaian, dan aspek visitasi para peserta.

Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf sebagai penyelenggara kegiatan, memprogramkan gelaran pemilihan Penyuluh Agama Islam teladan, baik PNS dan Non PNS tersebut dalam rangka memberikan motivasi bagi para Penyuluh Agama Islam untuk terus berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi diri.

Kepala Bidang Penais Zawa, A. Rahman Sayuti menyebutkan bahwa pemenang teladan pertama dari Peenyuluh Agama Islam baik PNS maupun Non PNS Tingkat Provinsi Jambi ini akan diutus untuk mengikuti pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada minggu ketiga September 2021 di Jakarta. “Berbahagialah peserta yang mendapatkan hasil terbaik nanti,” ucapnya.

Ka.Kanwil menyebut bahwa kompetisi dalam gelaran Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Provinsi Jambi ini akan melahirkan kreativitas dan inovasi oleh masing-masing Penyuluh Agama Islam. “Tentunya ini juga merupakan bukti bahwa Penyuluh Agama Islam masih tetap dituntut untuk melakukan tugas walaupun di tengah pandemi Covid-19,” sebut Ka.Kanwil.

Berkaitan dengan kompetisi tersebut, Ka.Kanwil menyebut bahwa keseriusan para peserta dalam mengikuti kompetisi akan menghasilkan hasil karya yang maksimal dengan memperhatikan segala bentuk aspek penilaian untuk dinilai oleh Tim Penilai. Salah satunya adalah karya tulis sebagai salah satu aspek penilaian yang menjelaskan aktivitas penyuluhan harus sesuai dengan kaedah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. “Perhatikan gaya dan tata bahasa penulisan. Karya tulisan kita itu memperjelas apa yang kita kerjakan. Kalau perlu sebelum dijadikan bahan penilaian, ada baiknya dibawa ke ahli bahasa terlebih dahulu agar diedit terlebih dahulu penulisan yang benar dan salah,” ujar Ka.Kanwil.

Selanjutnya, Ka.Kanwil juga menyinggung keaslian video yang disiapkan oleh para peserta sebagai bentuk aktualitas dari aktivitas penyuluhan yang dilakukan oleh para Penyuluh Agama Islam. Disamping itu, aktivitas penyuluhan yang terekam dalam video tersebut adalah aktivitas penyuluhan yang turut mendukung segala bentuk program pemerintah. “Hati-hati dalam persiapan video yang dilakukan. Suasana video harus aktual dan setiap aktivitas yang dilakukan oleh Penyuluh dan terekam dalam video tersebut harus sepenuhnya mendukung program pemerintah,” ungkap Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil meminta agar karya yang dibawa dalam ajang pemilihan tersebut adalah hasil karya asli dari Penyuluh Agama Islam itu sendiri. “Asal benar-benar serius, akan timbul sendiri kreasi dan inovasi tersebut. Yakin bahwa bisa selama ada kemauan. Apa yang kita kerjakan, itulah yang kita ungkapkan dalam karya lomba kita yang kita bawa dalam lomba ini, Yang penting hasil karya sendiri, karya tulis sendiri, dan video dari hasil aktivitas kita sendiri Karya tersebut harus orisinil, asli dan terbaru,” imbuh Ka.Kanwil.

Hal penting yang menjadi penegasan Ka.Kanwil adalah objektivitas Tim Penilai dan tidak menjadikan unsur kepentingan, kedaerahan, dan unsur lainnya sebagai subjektivitas dalam melakukan penilaian. “Yang terpenting adalah penilai harus objektif. Jangan timbul subketif kesamaan daerah dan kepentingan lainnya. Lobi-lobi itu harus ditinggalkan,” tegas Ka.Kanwil.

Dalam mengikuti pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Nasional nanti, Ka.Kanwil meminta agar pemenang yang menjadi utusan dalam pemilihan tingkat nasional tersebut diberikan bimbingan terlebih dahulu. “Semoga para Penyuluh ini siap tanding. Siap ikuti kompetisi tingkat nasional. Berikan bimbingan khusus terlebih dahulu sebelum mengikuti kompetisi nasional. Mana yang masing kurang, mana yang salah kita benahi sama-sama. Terutama harus siap mental dan harus bisa bersaing. Jangan nanti belum apa-apa sudah kalah duluan,” pungkas Ka.Kanwil.



Sumber : Bidang Penais dan Zawa

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi