Ka.Kanwil Minta Pelatihan Multimedia Pembelajaran Dijadikan Sebagai Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik pada Madrasah

Diposting pada: Senin, 28 Juni 2021
Foto

Jambi (Humas) --Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menunjuk 10 orang tenaga pendidik pada Madrasah Ibtidaiyah baik negeri maupun swasta di kota Jambi untuk mengikuti kegiatan In Service Training – Pelatihan Jarak Jauh Multimedia Pembelajaran Angkatan V dan VI pada tanggal 25 s.d. 26 Juni 2021 di ruang Media Center Kanwil.

Berlangsung selama dua hari, pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Pendidkan dan Keagamaan Kementerian Agama RI tersebut ditujukan untuk memberikan pelatihan cara mengemas multimedia pembelajaran menjadi menarik, namun efisien dapat memuat pokok-pokok materi pembelajaran secara tepat sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana secara efektif. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 ini, menuntut proses belajar mengajar harus tetap efektif terlaksana baik secara luring maupun daring.

Ka.Kanwil, H.Muhamad menuturkan bahwa pelatihan ini sangat diperlukan untuk mendorong pengembangan kompetensi teknologi para tenaga pendidik. “Pemahaman cara membuat multimedia pembelajaran ini tentunya harus sudah dimiliki oleh para guru, agar proses belajar mengajar tetap efektif terlaksana. Guru dapat menyampaikan materi pembelajaran melalui power point atau video-video yang kemudian dibagikan kepada para siswa,” kata Ka.Kanwil.

Masa pandemi Covid-19 yang masih terus berlanjut hingga saat ini menuntut para tenaga pendidik harus menyesuaikan diri dengan proses belajar mengajar yang tentunya banyak menggunakan perkembangan teknologi agar materi dan pesan pembelajaran tetap terlaksana sebagai bagian dari pelaksanaan tugas dan fungsi tenaga pendidik itu sendiri.

“Sekarang, tinggal para gurunya mau menyesuaikan diri atau tidak. Perkembangan teknologi yang ada saat ini menuntut para guru untuk keluar dari kekangan zona nyaman dan beradaptasi dengan era teknologi yang terus berkembang,” imbuh Ka.Kanwil.

Oleh karena itu, Ka.Kanwil meminta agar para tenaga pendidik madrasah agar memiliki kemauan yang tinggi untuk terus belajar dan mengasah diri dalam pemahaman teknologi, khususnya multimedia pembelajaran. “Apalagi segala fasilitas sudah tersedia. Guru harus maju, sebab dengan kemauan dan pengalaman akan membangun kompetensi guru itu sendiri,” lanjut beliau.

Selanjutnya, Ka.Kanwil meminta agar para tenaga pendidikdari Madrasah Ibtidaiyah yang mengikuti pelatihan tersebut dapat terlebih dahulu mengembangkan diri, dan selanjutnya ditularkan kepada rekan-rekan lainnya demi kemajuan madrasah dalam upaya mencerdaskan anak bangsa.

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh Pusdiklat Kemenag RI ini bermanfaat bagi kemajuan madrasah agar madrasah dapat berkembang dan tidak terpuruk. Madrasah tentunya harus terus melakukan inovasi. Dan salah satunya, multimedia pembelajaran ini adalah salah satu sarana yang perlu dipikirkan inovasi-inovasi kedepannya,” ujar Ka.kanwil.

Nuraini, Widyaswara Pusdiklat Kemenag RI yang menjadi narasumber dalam pelatihan tersebut mengungkapkan bahwa Pusdiklat telah mengupayakan berbagai pelatihan bagi pengembangan kompetensi tenaga pendidik, termasuk pelatihan multimedia pembelajaran tersebut.

Senada dengan Ka.Kanwil. dirinya meminta agar para peserta pelatihan yang disebutnyasebagai guru millenal masa kini tersebut harus bisa menjadi penggerak dengan turut membagikan ilmu yang diperoleh dari pelatihan kepada para tenaga pendiidik lainnya demi kemajuan madrasah itu sendiri. “ Jadilah motor penggerak pada madrasah kita sendiri. Bantu untuk menyebarkan ilmu baik ini kepada rekan-rekan lainnya. Saling membantu demi kemajuan madrasah. Ilmu ini jangan hanya sampai kepada kita saja, namun harus sampai kepada anak didik sebagai dampak positif pelatihan ini, sehingga pelatihan ini tidak menjadi sia-sia,” seru Nuraini.



Sumber : Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi