Ka.Kanwil Keluarkan Imbauan Optimalisasi Kinerja Penyuluh Agama Islam

Diposting pada: Jumat, 25 Juni 2021
Foto

Jambi (Humas) --Penyuluh agama di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia memiliki empat fungsi atau tugas utama yakni edukatif, informatif, konsultatif, dan perlindungan terhadap masyarakat. Di samping harus menguasai ajaran agama, penyuluh agama juga berkewajiban untuk memberikan pengetahuan secara umum.

Penyuluh Agama Islam berkewajiban memberikan pemahaman, penerangan, dan pengarahan kepada masyarakat dalam bidang keagamaan maupun kemasyarakatan agar masyarakat mengerti mengenai ajaran agama Islam untuk kemudian didorong agar ajaran agama tersebut dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Penyebaran informasi, komunikasi, edukasi, dan motivasi baik secara lisan maupun tulisan sangat penting sebagai bentuk penyuluhan kepada masyarakat sehingga muncul pengetahuan dan pemahaman yang kuat mengenai agama Islam, termasuk dorongan agar masyarakat memiliki kemauan untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan bidang keagamaan.

Ketika Penyuluh Agama Islam memberikan suatu pemahaman radikal kepada umat, maka sebagai perpanjangan tangan pemerintah, pemahaman radikal tersebut dapat diikuti oleh umat sehingga akhirnya merusak tatanan kehidupan masyarakat dan kerukunan umat beragama.

Dalam pertemuan beberapa waktu lalu, Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, A. Rahman Sayuti menyerukan agar seluruh Penyuluh Agama Islam di Provinsi Jambi dapat menjalankan tugas dan fungsinya dalam memberikan penyuluhan tentang pemahaman ajaran agama secara benar.

“Penyuluh Agama Islam harus menyampaikan pemahaman ajaran agama secara benar. Jangan ajarkan kepada umat mengenai hal-hal yang salah dan tidak sesuai dengan ajaran agama,” tegasnya.

Bahkan, pada tanggal 23 Juni lalu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad telah mengeluarkan imbauan dalam rangka optimalisasi pelaksanaan kinerja Pemyuluh Agama Islam yang menyerukan agar Penyuluh Agama Islam tidak menyampaikan materi khotbah yang mengandung unsur provokatif dan ujaran kebencian.

Dalam imbauan tersebut, Ka.Kanwil meminta agar para Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota melakukan pemantauan terhadap keterlibatan Penyuluh Agama Islam dalam aksi gerakan radikalisme, hoax, dan ujaran kebencian.

Bahkan dengan tegas, Ka.Kanwil meminta agar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota segera melakukan pergantian antar waktu bagi para Penyuluh Agama Islam yang dinilai memiliki kinerja buruk dan dianggap tidak mampu melaksanakan tugas dengan baik.



Sumber : Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi