Penyelenggaraan Haji 1442 H/ 2021 Batal, Ka.Kanwil Tegaskan Demi Kemaslahatan Umat

Diposting pada: Selasa, 08 Juni 2021
Foto

Jambi (Humas) --Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 Hijriyah/ 2021 M di Provinsi Jambi dibatalkan berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Haji pada Penyelenggaraan Haji Tahun 1442 H/2021 M. Keterangan tersebut ditegaskan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad dalam Konferensi Pers pada Jumat (4/6) di ruang Media Center Kanwil.

Kementerian Agama memutuskan pembatalan keberangkatan haji tahun ini setelah melalui kajian panjang untuk memberikan kepastian hukum bagi jemaah haji maupun pihak-pihak terkait pada aspek pembinaan, pelayanaan dan perlindungan dalam penyelenggaraan ibadah haji dengan berbagai pertimbangan, antara lain:

1.Kemampuan (istitha’ah) untuk menunaikan ibadah haji bagi umat Islam, meliputi kemampuan secara ekonomi dan fisik, serta terjaminnya kesehatan, keselamatan, dan keamanan selama perjalanan haji;

2.Keselamatan jiwa adalah hal yang utama dengan prinsip mewujudkan kemaslahatan umat sebagai bagian dari 5 maqashid syaria’ah;

3.Perkembangan kondisi pandemi Covid-19 beserta varian barunya, baik dalam skala lokal maupun secara global masih menjadi ancaman yang melanda seluruh negara, termasuk Indonesia dan Arab Saudi menyebabkan Pemerintah Arab Saudi belum mengundang Pemerintah Indonesia dan seluruh negara pengirim delegasi haji yang lain untuk membahas dan menandatangani Nota Kesepahaman tentang Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1442 H/ 2021 M;

4.Pemerintah Arab Saudi belum membuka akses layanan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H/ 2021 M yang berakibat tidak tersedianya waktu yang cukup bagi Pemerintah Indonesia untuk melakukan persiapan layanan bagi jemaah haji

“Jadi, Pemerintah Arab Saudi belum memberikan kuota jemaah haji bagi negara manapun. Yang ada baru membuka akses masuk ke negara Arab Saudi bagi beberapa negara sesuai informasi, bukan memberikan kuota haji. Jadi, jangan salah memahami,” seru Ka.Kanwill.

Bagi Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama, keputusan pembatalan keberangkatan haji tahun ini diambil untuk memberikan kepastian hukum bagi jemaah haji maupun pihak-pihak terkait pada aspek pembinaan, pelayanan, dan perlindungan dalam penyelenggaraan ibadah haji.

Selanjutnya, menegaskan bahwa calon jemaah haji regular dan khusus yang telah melunasi BIPIH tahun 1441/2020 M menjadi jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/ 2020 M sepanjang kuota haji tersedia.

“Jadi, untukjemaah haji tetap dijadwalkan berangkat tahun depan selama Pemerintah Arab Saudi membuka penyelenggaraan ibadah haji dengan mempertimbangkan kondisi pandemi pada tahun depan,” tegas Ka.Kanwil.

Kementerian Agama Provinsi Jambi akan mengembalikan 2.746 paspor calon jemaah haji Provinsi Jambi yang telah diterima oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi melalui Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

Saat ini, tugas Kementerian Agama bersama dengan lembaga terkait adalah memeberikan ketenangan kepada masyarakat, khususnya para calon jemaah haji dengan memberikan kepastian pelayanan sesuai kebutuhan masyarakat, termasuk menjawab setiap pertanyaan masyarakat berkaitan penyelenggaraan layanan haji di Provinsi Jambi.



Sumber : Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Sertifikasi Dewan Hakim (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Tentang Lokasi Pelaksanaan SKB Pengadaan CPNS 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Majelis Taklim (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pemanggilan Peserta Kegiatan Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam (7 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi