Ka.Kanwil Ingin Jadikan Kemenag Jambi Wilayah Bebas Korupsi dan Birokrasi Dengan Pelayanan Baik dan Bersih

Diposting pada: Jumat, 19 Februari 2021
Foto

Jambi (Humas) --Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad menegaskan pentingnya pelaksanaan tata kelola birokrasi yang baik dan bersih serta bebas korupsi kepada seluruh ASN di lingkungan Kementerian Agama Jambi, termasuk Kementerian Agama Kota Sungai Penuh dan Kementerian Agama Kerinci. Hal tersebut beliau sampaikan saat memberikan pengarahan pada kegiatan Pembinaan ASN secara virtual sekaligus lepas sambut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sungai Penuh dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci pada Kamis (18/2).

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Tata Kelola Birokrasi Yang Baik dan Bersih Serta Bebas Korupsi Tanggal 15 Februari 2021 dan Surat Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI Nomor: B-15.1/IJ/PS.00/01/2021 tanggal 8 Januari 2021 perihal Early Warning Pengelolaan Keuangan Negara Pada Kementerian Agama yang Bersih dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme, serta Birokrasi yang Melayani.

Ka.Kanwil meminta agar Pimpinan Satuan Kerja melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap birokrasi pelayanan masyarakat pada satuan kerja masing-masing. “Kita ini abdi dan pelayan masyarakat. Jadi jangan kecewakan masyarakat dengan sikap pelayanan kita. Pelayanan harus dimaksimalkan secara tepat waktu.”, ungkap Ka.Kanwil.

Telebih, Ka.Kanwil menegaskan mengenai pelarangan adanya pungutan liar maupun praktik-praktik korupsi lainnya dalam bentuk apapun pada masing-masing satuan kerja, termasuk adanya unsur kepentingan yang menimbulkan tindakan kolusi dan nepotisme. Adapun tindakan-tindakan yang perlu dilakukan adalah tidak melakukan tindakan memberi dan menerima suap, tidak melakukan kompromi maupun kolusi dengan kepentingan pihak lain, dan tidak membiarkan terjadinya tindak pidana korupsi.

“Awal Januari lalu, Kanwil menerima Surat dari Inspektorat Jenderal perihal Early Warning Tindakan Korupsi dan KKN. Isinya penuh penegasan. Tidak boleh adanya penerimaan uang ataupun dana sukarela oleh pejabat maupun ASN. Pungutan liar berpotensi menghancurkan isntansi. Mari kita jaga instansi yang telah kita bangun bersama-sama dalam membangun citra positif Kementerian Agama ini,” tegas Ka.Kanwil.

Menurut Ka.Kanwil perlu adanya ketegasan pimpinan untuk melakukan fungsi pengawasan dan pengendalian serta tidak melakukan pembiaran terhadap adanya tindakan praktik korupsi pada satuan kerjanya.

“Pimpinan satuan kerja harus menindak tegas dan tidak boleh melakukan pembiaran, apalagi sampai melakukan kompromi terhadap hal tersebut. Akan ada sanksi tegas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” imbuh Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil melarang adanya pelayanan atau penyambutan secara berlebihan terhadap pimpinan atau pegawai yang melakukan kunjungan kerja atau tugas lainnya sebab hal tersebut berpotensi menimbulkan pelanggaran ketentuan peraturan, bahkan dapat memacu dilakukannya pemungutan dana atau iuran yang mengatasnamakan kegiatan tersebut.

“Kita ini aparat negara sebagai pelayan masyarakat. Tidak perlulah disambut secara berlebhan ketika datang ke daerah,” ujar Ka.Kanwil.

Terkait konsentrasi Kementerian Agama terhadap bebas korupsi dan birokrasi yang melayani, maka Kanwil akan terus melakukan monitoring atau pengawasan terhadap pengelolaan hal tersebut demi terwujudnya Kementerian Agama Provinsi Jambi dengan wilayah bebas korupsi, serta birokrasi dengan pelayanan yang baik dan bersih.



Sumber : Sub Bagian Umum dan Humas

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (3 hari yang lalu) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (16 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (16 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (17 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi