Bina ASN, Kakanwil Ingatkan Kedisiplinan dan Inovasi ASN

Diposting pada: Jumat, 19 Februari 2021
Foto

Jambi (Humas) --Kedisiplinan dan kinerja ASN merupakan salah satu hal yang selalu disorot oleh publik. Disiplin kerja ASN merupakan salah satu faktor penting bagi instansi atau lembaga, termasuk Kementerian Agama Provinsi Jambi untuk bergerak menuju perkembangan dan kemajuan instansi itu sendiri.

Pentingnya kedisiplinan ASN inilah yang ditegaskan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad ketika memberikan pembinaan ASN secara virtual sekaligus acara lepas sambut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sungai Penuh dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci pada Kamis (18//2) dari aula Kanwil.

Disiplin kerja ASN dapat meningkatkan motivasi bagi ASN untuk menunjukkan kinerja terbaik bagi instansi atau lembaga. “Disiplin ini akan membawa pergerakan menuju kebaikan. Dengan disiplin ini akan mendorong keinginan dari diri sendiri untuk terus meningkatkan kinerja secara maksimal. Ada niat untuk melakukan yang terbaik bagi instansi. Ini yang perlu dilakukan secara rutin dan bukan merupakan hal yang instan,” ungkap Ka.Kanwil.

ASN memiliki keterikatan untuk mematuhi penegakan disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Ada aturan penegakan disiplin yang mengikat ASN sebagai aparat negara. Kewajiban seluruh ASN untuk taat menegakkan disiplin sesuai peraturan tersebut,” sebut Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menegaskan bahwa penegasan disiplin kerja dimulai oleh pimpinan satuan kerja dan tidak lepas dari fungsi pengawasan dan pengendalian oleh pimpinan satuan kerja. “Penegakan disiplin ini dimulai dari atasan agar penegakan disiplin tersebut dapat dimaksimalkan. Ketegasan pimpinan dalam kedisiplinan sangat diperlukan untuk kepentingan dan kebaikan bersama. Para pimpinan tidak boleh melakukan pembiaran apalagi melakukan pelanggaran kedisplinan kerja ASN,” tegas Ka.Kanwil.

Lebih lanjut Ka.Kanwil menyebutkan bahwa kedisplinan ASN dapat memacu pengembangan kreativitas dan inovasi ASN. “ASN harus optimis menuju perbaikan, Jangan berdian diri. Tidak boleh terkekang dengan keterbatasan diri dan harus mau terus belajar,” imbau Ka.Kanwil.

Salah satu daya kreativitas dan inovasi yang perlu dilakukan oleh ASN adalah menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. ASN dapat memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menguatkan kreativitas dan inovasi dalam menunjukkan kinerja terbaiknya.

Ka.Kanwil mengemukakan bahwa ASN sebaiknya menggunakan tunjangan yang diterimanya untuk melakukan kreativitas dan inovasinya dalam upaya memaksimalkan kinerjanya. “Tunjangan kinerja dapat digunakan untuk mendukung peningkatan kompetensi dan mutu diri pegawai. Kita harus rela berkorban terlebih dahulu. Rela gunakan tunjangan yang kita terima untuk pengembangan diri. Akan ada hasil luar biasa yang akan kita terima. Inilah bentuk niat baik kita demi kemajuan Kementerian Agama yang telah memberikan banyak bagi kita dengan meningkatkan harkat dan martabat kita sebagai pegawai Kementerian Agama yang harus selalu kita syukuri,” seru Ka.kanwil.

Tak lupa Ka.Kanwil mengapresiasi pelaksanaan pembinaan ASN tersebut, apalagi jika dilakukan secara berkala. “Saya siap kapanpun jika diminta untuk memberikan pengarahan dalam pembinaan ASN. Inilah bentuk pemenuhan amanah jabatan saya sebagai kepala kantor,” tukas Ka.Kanwil.



Sumber : Sub Bagian Umum dan Humas

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (3 hari yang lalu) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (16 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (16 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (17 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi