H.Rusli Pimpin APRI Jambi Periode 2021-2024

Diposting pada: Jumat, 22 Januari 2021
Foto

Jambi (Humas) --Dalam gelaran Musyawarah Wilayah Pertama Asosiasi Penghulu Republik Indonesia Wilayah Provinsi Jambi pada Kamis (21/1) dilakukan pemilihan pengurus inti APRI Wilayah Jambi yang disebut dengan Tim Formatur periode 2021 - 2024. Pembentukan APRI ini mengacu pada Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 9 Tahun 2020 tentang Pembentukan Organisasi Profesi Jabatan Fungsional, dimana dinyatakan bahwa setiap pejabat fungsional wajib menjadi anggota Organisasi Profesi.

Pembentukan Pengurus APRI wilayah Jambi ini perlu dilaksanakan untuk memenuhi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) APRI Hasil Musyawarah Fasilitasi Pembentukan Organisasi Penghulu dalam Bab IV pasal 15 mengenai Musyawarah Wilayah. Ini merupakan pembentukan kepengurusan APRI pertama, dimana sebelumnya perkumpulan penghulu wilayah Jambi dinamakan Kelompok Kerja (POKJA) Penghulu Jambi.

Dalam AD- ART APRI disebutkan bahwa Tim Formatur terdiri dari Ketua Wilayah terpilih dan ketua domisioner ditambah 3 orang peserta yang dipilih dalam musyawarah Wilayah.

H. Rusli terpilih menjadi Ketua Tim Formatur sekaligus menjadi Ketua APRI wilayah Jambi. Dan Tim Formatur lainnya adalah H. Muhammad Hafiz, H. Fahron Siregar, H. Lukman Hakim, dan Taufik.

Dengan terbentuknya Tim Formatur tersebut, maka APRI wilayah Jambi resmi berdiri di Jambi. Dengan demikian, kepengurusan Pokja Penghulu lama dinyatakan demisioner dan SK kepengurusan Pokja Penghulu lama dinyatakan batal demi hukum.

H. Muhammad Hafiz sebagai demisioner Ketua Pokja Penghulu wilayah Jambi mengungkapkan bahwa kualitas dan kapasitas Ketua Tim Formatur APRI terpilih tidak perlu diragukan lagi.

“Siapa lagi yang tidak mengenal pak Rusli. Beliau sosok senior yang sudah pernah menjabat sebagai pejabat administrator beberapa kali,” sebutnya.

Rusli menyebutkan bahwa APRI ini akan menjadi wadah yang mengakomodir seluruh aspirasi seluruh penghulu di provinsi Jambi. APRI ini juga akan menjadi wadah bagi penghulu dalam pengembangan kreativitas dan membantu setiap kesulitan yang dialami oleh penghulu ketika melakukan pekerjaan sehingga penghulu menjadi lebih baik lagi ketika hadir di tengah-tengah masyarakat.

Setelah terbentuknya Tim Formatur ini sebagai pengurus inti APRI, maka Rusli menyebutkan bahwa maksimal hingga akhir Januari ini tim formatur APRI Jambi akan menyusun kepengurusan harian APRI Jambi sehingga kepengurusan APRI Jambi terbentuk secara utuh,



Sumber : Bidang Urusan AgamaIslam dan Pembinaan Syariah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi