Kanwil Gelar Muswil Pertama APRI Wilayah Jambi

Diposting pada: Jumat, 22 Januari 2021
Foto

Jambi (Humas) --Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah menggelar Musyawarah Wilayah Pertama Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) wilayah provinsi Jambi pada Kamis (21/1) di Ruang Media Centre Kanwil.

Muswil APRI wilayah Jambi tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad dan dihadiri oleh Kepala Bidang Urais Binsyar, Kepala Seksi Kepenghuluan dan Fasilitasi Bina Keluarga Sakinah, perwakilan penghulu Kota Jambi dan kabupaten Muaro Jambi. Muswil ini juga disambungkan secara virtual melalui zoom dengan Kepala Seksi Bimas Islam pada Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan 3 perwakilan pada masing-masing kabupaten/kota se-provinsi Jambi.

Zeifni Ishaq menyampaikan bahwa Muswil APRI ini sangat penting untuk dilaksanakan untuk memperkuat jabatan fungsional penghulu yang memegang pelayanan keagamaan pada Kantor Urusan Agama (KUA) di masing-masing kecamatan. Dengan demikian, penghulu turun berperan dalam meningkatkan citra positif dari Kementerian Agama.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua APRI Pusat, H. Madari yaitu penghulu harus terus menegakkan kode etik penghulu sebab citra Kementerian Agama melekat pada diri penghulu. “Lakukan seluruh kreativitas penghulu yang menjadi sumbangsih bagi bangsa dan negara yang akan terus didukung oleh APRI ini,” seru Madari.

Ka.Kanwil merasa optimis bahwa kehadiran APRI sebagai wadah penghulu ini akan terus berkembang sehingga dapat mendukung dalam pengembangan kinerja para penghulu. “Pastinya akan ada penekanan pada pengembangan diri penghulu,” ujar Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil mengingatkan para penghulu mengenai peran penghulu sebagai bentuk kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat. “Harus diingat bahwa penghulu ini adalah bentuk kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat dalam hal pelayanan nikah,” sebut Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil meminta agar para penghulu memanfaatkan tunjangan yang diberikan negara untukmengembangkan kreativitas yang mendukung kinerja yang menjadi tugas penghulu. “Manfaatkan tunjangan yang diberikan untuk mengembangkan kreativitas. Dan jangan hanya mengharapkan kebijakan instansi,” tegas Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menegaskan bahwa Kanwil sangat mendukung Musyawarah Nasional PertamaAPRI ini demi perkembangan penghulu itu sendiri.

Hasil dari Muswil pertama ini akan segera dilaporkan kepada APRI pusat.



Sumber : Bidang Urusan AgamaIslam dan Pembinaan Syariah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi