Ka.Kanwil Dorong Alumni MTS Ikut SNPDB MAN IC Jambi

Diposting pada: Selasa, 19 Januari 2021
Foto

Jambi (Humas) --Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad mendorong agar para alumni Madrasah Tsanawiyah untuk memiliki keinginan kuat mendaftar menjadi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Jambi, hal ini disampaikan Ka.Kanwil saat memberikan pengarahan saat Sosialisasi Pendampingan Mekanisme Alur Pendaftaran Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia 2021/2022 secara virtual pada Senin (18/1).

Penerimaan Peserta Didik Baru MAN IC Jambi tahun pelajaran 2020/2021 dibuka secara nasional sama seperti tahun lalu. Jadi, tidak tertutup kemungkinan calon peserta didik baru dari provinsi lain juga ikut mendaftar.

Secara virtual, kegiatan sosialisasi tersebut juga diikuti oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Kepala Seksi Kurikulum pada Bidang Pendidikan Madrasah, Kepala MAN Insan Cendekia Jambi, Team Pendamping Mekanisme Alur Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru MAN IC Jambi, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kota Sungai Penuh.

Ka.Kanwil sangat berharap bahwa banyak alumni Madrasah Tsanawiyah yang mendaftar seleksi peserta didik MAN IC Jambi. “Ini adalah harapan kita bersama bahwa semakin banyak siswa madrasah yang ingin untuk mendaftar ke MAN IC Jambi. Kebanggaan tersendiri bagi anak tersebut ketika bisa mengikuti proses seleksi. Mereka akan lebih memahami standar kompetensi dan standar nilai yang telah ditetapkan. Mereka akan memiliki pengalaman ketika mengikuti proses seleksi, Ini adalah harapan kita bersama bahwa semakin banyak siswa madrasah yang ingin untuk mendaftar ke MAN IC Jambi.” ungkap Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menghimbau agar kepala sekolah dan para guru mendorong para alumni madrasah tsanawiyah pada madrasahnya agar ikut mendaftar seleksi peserta didik baru MAN IC Jambi.

“Beri dorongan dan jangan justru mematahkan semangat anak untuk mengikuti seleksi dengan menganggap remeh kemampuan calon peserta didik tersebut untuk dapat lulus dan diterima menjadi bagian peserta didik pada MAN IC Jambi. Belum tentu, kalau takdirnya ada pasti mereka bisa lulus,” seru Ka.Kanwil.

Para kepala madrasah, para guru, pihak Kementerian Agama harus mendukung dengan memberikan rasa optimis kepada calon peserta didik untuk ikut proses seleksi, apalagi yang sudah memiliki keinginan namun keinginan tersebut tidak tersampaikan.

“Berikan rasa optimis, memotivasi, dan membesarkan hati calon peserta didik bahwa proses seleksi ini adalah kesempatan yang tidak mudah didapatkan yang belum tentu bisa didapatkan pada proses seleksi berikutnya. Harus diberikan kesempatan seluas-luasnya kepada calon peserta didik dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam proses seleksi tersebut,” kata Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menghimbau agar Kepala Madrasah dan para guru memberikan fasilitas sebaik mungkin bagi calon peserta didik yang ingin mendaftar mengikuti proses seleksi tersebut, namun terkendala tidak memiliki sarana prasarana untuk mendaftar.

“Harapannya dengan bantuan madrasah dimana anak tersebut belajar, akan membantu anak tersebut untuk mendaftar. Ini menjadi catatan penting. Ada kewajiban bagi kita selaku pemyelenggara untuk menyediakan fasilitas sarana demi kemudahan para calon peserta didik untuk mendaftar. Lihat anak-anak di madrasah kita yang ingin mendaftar. Kadang kala calon peserta didik ada yang memiliki keinginan untuk mendaftar seleksi, namun terbentur dengan tidak memiliki sarana prasarana ketika mendaftar. Inilah kewajiban kita untuk membantu calon peserta didik yang ingin mendaftar,” himbau Ka.Kanwil.

Penerimaan Peserta Didik Baru MAN IC Jambi tahun pelajaran 2020/2021 dibuka secara nasional sama seperti tahun lalu mulai dari 11 Januari hingga 11 Februari 2021.



Sumber : Bidang Pendidikan Madrasah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi