Ka.Kanwil Serahkan DIPA Pelaksanaan Anggaran Tahun 2021

Diposting pada: Senin, 18 Januari 2021
Foto

Jambi (Humas) --Awal tahun 2021 ini, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi langsung berupaya mengambil langkah-langkah dalam rangka percepatan realisasi anggaran tahun 2021. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad di hadapan Pejabat Eselon III dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, serta Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota pada saat gelaran Rapat Rapat Evaluasi Anggaran Tahun 2020 dan Pelaksanaan Anggaran Tahun 2021 di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi pada Jumat (15/1) di aula Kanwil.

“Apa yang bisa segera direalisasikan, lakukan realisasi anggaran segera mungkin,” himbau Ka.Kanwil.

Agar dapat segera merealisasikan anggaran tahun 2021, Ka.Kanwil menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2021 untuk Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS), Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf (Penais Zawa), Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais), Bimas Kristen, Bimas Katolik, Bimas Hindu, Bimas Buddha, serta DIPA pada Bagian Tata Usaha, yaitu Sub Bagian Umum dan Humas, Sub Bagian Keuangan, Sub Bagian Perencanaan, Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum, dan Sub Bagian Organisasi Tata Laksana dan KUB, yang diserahkan kepada pimpinan masing-masing pada unit kerja tersebut.

Ka.Kanwil meminta agar masing-masing pimpinan unit kerja meneliti dan memahami DIPA yang baru saja diterima dan menyusun program kerja dengan mempedomani DIPA tersebut, “Teliti DIPA dan segera susun turunan program kerja berdasarkan DIPA tersebut. Kegiatan dalam program kerja yang dilaksanakan harus sesuai dengan DIPA. Pastinya banyak hal, kesempatan yang dapat dilakukan dalam perencanaan anggaran berdasarkan DIPA. Jika di luar DIPA, maka tidak bisa disetujui dan dibayarkan. Jadi, susun kegiatan yang benar-benar dianggap penting. Lakukan revisi selama tidak bertentangan dengan kebijakan pusat,” ujar Ka.Kanwil.

Kanwil juga meminta komitmen Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan dilakukannya penandatanganan Fakta Integritas Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), yaitu PPK pada Tata Usaha, PPK di lingkungsn Bimas Islam, PPK di lingkungan Pendidikan Islam, PPK pada Penyelenggaraan Haji dan Umrah, PPK pada Bimas Kristen, PPK pada Bimas Katolik, PPK pada Bimas Hindu, PPK pada Bimas Buddha.

“Saya percaya sepenuhnya pada PPK selaku pengelola anggaran dalam melaksanakan realisasi anggaran tahun 2021 ini. Oleh karena itu, saya lakukan penandatanganan fakta integritas tersebut. Jadi, laksanakanlah realisasi anggaran dengan sebaik-baiknya,” ujar Ka.Kanwil.

Ka,Kanwil meminta agar dalam pelaksanaan realisasi anggaran harus dengan menyusun program kerja dan daftar belanja barang yang sesuai dengan kebutuhan dan bukan keinginan semata.

“Hati-hati dalam membelanjakan anggaran, terutama belanja milik negara yang meninggalkan aset negara, karena jika tidak sesuai, maka penghapusan belanja anggaran tersebut akan sangat susah. Pengadaan barang yang menjadi asset negara akan dinilai langsung oleh KPKNL. Jadi, bukan main-main lagi,” himbau Ka.Kanwil.



Sumber: Sub Bagian Keuangan dan BMN

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani







Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi