Realisasi Anggaran Kemenag Jambi Tahun 2020 Lampaui Target Nasional

Diposting pada: Senin, 18 Januari 2021
Foto

Jambi (Humas) --Capaian realisasi penyerapan anggaran tahun 2020 di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi adalah sebesar 97,55% ternasuk realisasi penyerapan anggaran pada UIN STS Jambi dan IAIN Kerinci. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha, H. Julan saat gelaran Rapat Rapat Evaluasi Anggaran Tahun 2020 dan Pelaksanaan Anggaran Tahun 2021 di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi pada Jumat (15/1) di aula Kanwil. Rapat evaluasi anggaran tersebut dihadiri oleh Pejabat Eselon III dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

Julan memaparkan bahwa dalam pelaksanaan anggaran tahun 2020 yang telah dilaksanakan, target realisasi penyerapan anggaran tahun 2020 pada Kementerian Agama adalah sebesar 96% dengan realita realisasi anggaran tahun 2020 adalah sebesar 96,31%, yakni ada anggaran tidak terealisasi sebesar 0,69%.

“Capaian realisasi anggaran Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi lebih besar dari target nasional penyerapan realisasi anggaran sebesar 0,55%. Dengan demikian, secara nasional realisasi anggaran di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi sudah memenuhi bahkan melampaui target nasional.,” paparnya.

Julan menjelaskan bahwa salah satu evaluasi untuk pelaksanaan anggaran tahun 2020 yang merupakan hasil dari audit BPK RI adalah masih adanya penggunaan absensi manual pada beberapa pegawai Kementerian Agama Jambi.

Untuk itu, ditegaskan pada seluruh pegawai di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jambi agar menggunakan absensi secara online melalui Presensi Online karena akan mempengaruhi penghitungan tunjangan dan lain-lain, yang dilengkapi dengan laporan kinerja harian,” tegasnya.

Terkait hal tersebut, Ka.Kanwil. H. Muhamad meminta agar seluruh Kepala Kementerian Agama Kabupaten/Kota mengawasi dan memastikan agar seluruh pegawai pada wilayahnya agar sudah menggunakan absensi secara online.

“Jika tidak menggunakan presensi online, maka pegawai tersebut tidak mematuhi kebijakan yang telag ditetapkan sebab absensi melalui presensi online sudah menjadi kebijakan dari pusat,” tegas Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil mengharapkan Kepala Kemenag Kabupaten/Kota agar memberdayakan pengelola anggaran, seperti Pejabat Pembuat Komitmen dan Bendahara secara lebih maksimal, dan untuk kedepannya perlu diberikan pembinaan untuk peningkatan sumber daya pengelola anggaran.

“Berdayakan SDM pengelola anggaran yang ada, maksimal kompetensi yang ada. SDM yang handal harus diberdayakan dan dibina sebaik mungkin,” pinta Ka.Kanwil.

Pada kesempatan itu, seluruh Kepala Kementerian Agama Kabupaten/Kota memaparkan capaian realisasi anggaran tahun 2020, termasuk hal-hal penting yang telah dilakukan dan kendala yang dialami pada masing-masing Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk kemudian laporan tersebut diserahkan ke Kanwil.



Sumber : Sub Bagian Keuangan dan BMN

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi