Dibuka Wamenag, Ka.Kanwil Ikuti Exit Meeting Evaluasi RB dan SAKIP Kemenag Tahun 2020 Secara Virtual

Diposting pada: Jumat, 08 Januari 2021
Foto

Jambi (Humas) --Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi dan sejumlah Kepala Sub Bagian pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi mengikuti Exit Meeting Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2020 di Kementerian Agama secara Virtual pada Kamis (7/1) di ruang rapat Kanwil.

Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Saadi mrengaku berbahagia dapat bergabung dalam keluarga besar Kementerian Agama dengan capaian penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi yang menembus predikat BB dengan nilai 75,04, nilai SAKIP 70,56, dan 11 satuan kerja memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), serta dua satuan kerja memperoleh predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Prestasi ini merupakan kebanggaan bagi Kementerian Agama yang telah berkomitmen saling bersinergi untuk terus mengimplementasikan reformasi birokrasi hingga tingkat unit kerja.

“Meskipun tingkat sebaran satuan kerja dengan predikat WBK masih belum merata. terutama pada satuan kerja terdekat yang seharusnya menjadi pilot project pelaksanaan reformasi birokrasi melalui pembangunan zona integritas ini, terutama satuan kerja penyangga unit kerja Pusat,” ungkap Wamenag.

Perlu diketahui bahwa Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang berasal dari Inpres No.7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Instansi Pemerintah adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Penilaian SAKIP pemerintah daerah dibagi menjadi 7 kategori. Yakni paling rendah D dengan rentang nilai 0-30. Kemudian kategori C untuk nilai 30-50, CC untuk nilai 50-60, B untuk nilai 60-70, BB untuk nilai 70-80, dan A untuk nilai 80-90. Adapun kategori tertinggi yaitu AA dengan hasil penilaian 90-100.

Wamenag mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pimpinan yang telah menggerakkan seluruh satuan kerja dan saling berkoordinasi hingga tercapainya predikat yang membanggakan ini. Terima kasih kepada seluruh pimpinan yang bersama-sama menggerakkan seluruh satuan kerja hingga memperoleh capaian ini,” ujar Wamenag.

Memasuki tahun 2021 berarti kita telah memasuki tahun kedua Tahap Ketiga reformasi birokrasi (2020-2024) dengan tiga sasaran utama yaitu Birokrasi yang bersih dan akuntabel, Birokrasi yang kapabel dan Pelayanan publik yang prima.

Pada tahap reformasi birokrasi ketiga (2020-2024) ini, Kementerian Agama akan mengangkat empat isu strategis dalam Reformasi Birokrasi tahun 2020-2024 berupa isu strategis harus segera direspon oleh Kementerian Agama dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, diantaranya penyederhanaan struktur dan kelembagaan birokrasi, manajemen kinerja, manajemen risiko dan pemanfaatan teknologi.

Wamenag mendorong lebih banyak lagi satuan kerja di Kementerian Agama yang inovatif untuk meraih predikat WBK dan WBBM.

“Saya tegaskan kembali bahwa seluruh jajaran pimpinan satuan kerja yang telah membuat kontrak kinerja WBK dan WBBM agar berkomitmen dalam mengkoordinasikan implementasi reformasi birokrasi melalui Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM pada tahun 2021-2024 secara optimal, sehingga akan terwujud satuan kerja di setiap Wilayah Kementerian Agama Provinsi yang memproleh predikat WBK dan/atau WBBM,” ujar Wamenag.

Kementerian Agama sendiri akan memberi penghargaan bagi satuan kerja yang berhasil memperoleh predikat WBK dan WBBM berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 633 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Reformasi Birokrasi pada Kementerian Agama yang di dalamnya telah mengatur pemberian penghargaan bagi satuan kerja tersebut.

Berdasarkan data yang diperolah dari Sub Bagian Organisasi Tata Laksana dan KUB, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi berhasil meraih nilai 97.05 untuk penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi Tahun 2020 dengan komponen penilaian sebagai berikut :

1) Manajemen Perubahan meliputi Tim Reformasi Birokrasi, Agen Perubahan, Nilai-Nilai Organisasi, Media Komunikasi Reformasi Birokrasi, Rencana Program Reformasi Birokrasi

2) Penataan Hukum dan Perundang-Undangan meliputi Kepatuhan Pelaksanaan Regulasi, Harmonisasi Regulasi pada Satuan Kerja, SistemPengendalian Regulasi pada Satuan Kerja

3) Penataan dan Penguatan Organisasi meliputi Evaluasi Organisasi, dan Analis Jabatan

4) Penguatan Tata Laksana meliputi Peta Proses Bisnis dan Standar Operasional Prosedur (SOP), Pengelolaan Kearsipan, dan Keterbukaan Informasi, E-Government, Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE)

5) Penataan Sistem SDM Aparatur meliputi Penyusunan dan Penetapan Kebutuhan Pegawai, Pengadaan Pegawai, Pangkat dan Jabatan, Pengembangan Karir, Pengembangan Kompetensi, dan Sistem Informasi Manajemen Karir, Penilaian Kimerja dan Disiplin, Penghargaan, dan Sistem Informasi Kepegawaian

6) Penguatan Akuntabilitas meliputi Rencana Strategis, Rencana Kinerja Tahunan, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, Evaluasi Kinerja Internal, dan Capaian Kinerja

7) Penguatan Pengawasan meliputi Penanganan Gratifikasi, Benturan Kepentingan (Conlict of Interest), SPIP, Dumas/WBS, ZI-WBK-WBMM, serta Layanan Publik, Optimalisasi Satuan Kerja dalam Meningkatkan Kepatuhan Pengelolaan Keuangan Negara, dan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan

8) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik meliputi Standar Layanan, Budaya Pelayanan Prima, Pengelolaan Pengaduan, Penilaian Kepuasan Terhadap Pelayanan, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Peningkatan Layanan Publik Unggulan dan Program Prioritas

M. Jamil, salah seorang staff Subbag Ortala dan KUB yang juga bertanggung jawab atas pelaksanaan penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi pada lingkungan Kanwil menyebutkan bahwa indeks Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun 2020 termasuk tinggi. “Bangga bisa memperoleh nilai tersebut dengan perjuangan bersama sesuai dengan komponen penilaian yang telah disubmit ke lembar kerja penilaian RB tersebut. Nanti nilai yang tertinggi akan menjadi percontohan pelaksanaan reformasi birokrasi di Kementerian Agama,” jelasnya.

Exit Meeting evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi secaa viertual tersebut juga diikuti oleh beberapa pejabat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Wakil Menteri Agama RI, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi se-Indonesia, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota di Indonesia, Rektor PTKIN dengan menggunakan aplikasi zoom.



Sumber : Sub Bagian Organisasi Tata Laksana dan KUB

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Penyampaian Renja Kementerian Agama Tahun 2022 (2 hari yang lalu) >>> Unduh
  2. Surat Penyelesaian Laporan Elektronik Monitoring TA 2020 (6 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Surat Pecepatan Pengadaan Barang dan Jasa (9 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Himbauan Memeriahkan HUT Ke-64 Provinsi Jambi (11 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Jadwal Shalat dan Imsakiyah Kota Jambi Januari - Desember 2021 (18 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi