Kado HAB ke 75, Kemenag Jambi Terima Sertifikat Karya Inovasi Agen Perubahan

Diposting pada: Rabu, 06 Januari 2021
Foto

Jambi (Humas) --Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi patut berbangga pada peringatan Hari Amal Bakti ke 75 tahun ini, karya inovasi yang telah dihasilkan oleh agen perubahan Kanwil, diantaranya adalah WFH Online Report (Presensi Online) dan aplikasi Mora Smart Office pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil berhasil mendapat penghargaan dari Kemenag RI. Atas hasil karya kedua inovasi tersebut, Sekretaris Jenderal Kemenag memberikan piagam/sertifikat Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik kategori Tata Kelola Pemerintah pada Kementerian Agama tahun 2020 berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nomor 56 tahun 2020 tanggal 30 Juli 2020.

Piagam/Sertifikat Inovasi Publik Kategori Tata KelolaPemerintah pada Kementerian Agama merupakan penghargaan atas inovasi yang diikutsertakan oleh Kementerian Agama dalam ajang Kompetisi Inovasi Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tahun 2020.

Piagam/Sertifikat tersebut diserahkan kepada Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi oleh H. Thoif dan Anwar sebagai agen perubahan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi yang mencetuskan kedua karya inovasi tersebut.

Thoif selaku Innovation Development Program dari kedua karya inovasi tersebut menjelaskan bahwa WFH Online Report (Presensi Online) dilahirkan pada masa pandemi covid-19 dimanfaatkan untuk memudahkan pegawai Kementerian Agama Provinsi Jambi dalam melakukan pekerjaan selama masa bekerja dari rumah.

“Presensi online ini memang dibangun pada masa pandemic sehingga dinamakan WFH Presensi Online dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh ASN,” ungkapnya.

Pemanfaatan presensi online tersebut ternyata bukan hanya di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi saja, namun ternyata juga dimanfaatkan oleh beberapa instansi pemerintah lainnya.

“Dari hasil survey terakhir, ternyata sudah lebih dari 22.000 pegawai instansi pemerintah sebagai pengguna model aplikasi presensi online tersebut,” sebutnya.

Sedangkan terkait Mora Smart Office sesungguhnya adalah sebagai bentuk pemanfaatan pelayanan virtual atau online yang memang dibesarkan pada masa pandemi covid-19 ini.

“Mora Smart Office sesungguhnya merupakan kantor virtual ysng dibangun dan dibesarkan juga pada masa pandemi ini,” imbuhnya.

Thoif mengungkapkan bahw walaupun kedua karya inovasi tersebut tidak masuk dalam TOP 19 Inovasi Pelayanan Publik pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tahun 2020, namun pemberian piagam/sertifikat dari Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI merupakan suatu hal yang patut disyukuri sebagai bentuk apresiasi dari Kementerian Agama RI.

“Penghargaan itu walaupun tidak masuk dalam TOP 19 pada Kemenpan RB, namun merupakan suatu hal yang patut disyukuri ketika Sekjen Kementerian Agama RI memberikan SK penghargaan atas kedua karya inovasi tersebut,” ujarnya.

Thof menegaskan bahwa kedua inovasi tersebut akan terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, sebab pada prinsipnya teknologi akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, Anwar selaku Technical Enginering/Programmer dari piagam/sertifikat penghargaan tersebut merupakan motivasi bagi agen perubahan untuk melakukan kinerja terbaik lagi untuk kedepannya, termasuk mempertahankan kedua inovasi tersebut sekaligus meningkatkan fitur-fitur kedua inovasi tersebut sebagai upaya peningkatan pelayanan public agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan pengembangan kedepannya menjadi semakin lebih baik,” harapnya.

Anwar berharap kedepannya tentunya akan terus diupayakan perbaikan dan inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan instansi yang sejalan dengan tuntutan masyarakat yang tentunya mengharapkan pelayanan yang lebih baik, cepat, tepat.

"Tentunya pengembangan inovasi ini memerlukan dukungan dan kerjasama tim dari seluruh rekan-rekan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi,” ujarnya.



Sumber : Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Penyampaian Renja Kementerian Agama Tahun 2022 (2 hari yang lalu) >>> Unduh
  2. Surat Penyelesaian Laporan Elektronik Monitoring TA 2020 (6 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Surat Pecepatan Pengadaan Barang dan Jasa (9 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Himbauan Memeriahkan HUT Ke-64 Provinsi Jambi (11 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Jadwal Shalat dan Imsakiyah Kota Jambi Januari - Desember 2021 (18 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi