Ka.Kanwil Minta Penyuluh Agama Kristen Bawa Pesan Moderasi Beragama

Diposting pada: Kamis, 17 Desember 2020
Foto

Jambi (Humas) --Pemerintah terus menggalakkan program moderasi beragama yang sudah masuk dalam program prioritas nasional yang telah ditetapkan melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan ditindaklanjuti melalui Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Agama. Kemenag telah menjabarkan moderasi beragama dalam Rencana Strategis (renstra) pembangunan di bidang keagamaan lima tahun mendatang.

Kemenag saat ini mulai membahas intensif Rancangan Peraturan Menteri Agama (RPMA) tentang Penguatan Moderasi Beragama sebagai panduan guna menjalankan Perpres Nomor 18 Tahun 2020, tentang RPJMN 2020-2024.

Oleh karena itu, Kementerian Agama termasuk Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi berkomitmen akan terus memperkuat moderasi beragama. Moderasi beragama inilah yang tak henti-hentinya digaungkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad, termasuk di hadapan 10 Penyuluh Agama Kristen Non PNS pada Senin (14/12) di aula Kanwil.

Ka.Kanwil mengatakan, moderasi beragama merupakan bentuk kecintaan kita kepada Tuhan yang dapat diwujudkan dengan menghargai dan menghormati hak orang lain. Umat beragama berkewajiban untuk meyakini dan melaksanakan ajaran agamaya dengan baik dan benar, namun tidak dibenarkan untuk memaksakan ajaran agama seseorang kepada orang lain karena akan melanggar hak orang lain dalam konteks kebebasan beragama yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar.

“Hak orang lain tidak boleh dilanggar. Inilah wujud umat yang moderat. Ini adalah bagian penting demi terwujudnya kerukunan umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Ka.Kanwil.

Hal inilah yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat yang tentunya melukai perasaan umat beragama, hingga pada akhirnya timbul gesekan-gesekan dalam masyarakat. Dalam hal inilah penyuluh agama mengambil peran untuk memastikan kebebasan beragama tersebut terlaksana dengan baik di tengah-tengah masyarakat. Penyuluh agama harus bisa menyatukan umat beragama dengan segala perbedaan baik perbedaan personal intern beragama maupun antar umat beragama. Pemyuluh agama adalah penyambung lidah pemerintah untuk menyampaikan pesan-pesan agama dan norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pesan moderasi beragama inilah yang perlu disampaikan secara tegas oleh para penyuluh agama untuk diterapkan oleh masyarakat. Penyuluh agama harus mampu menyejukkan dan menenangkan masyarakat, bukan malah memprovokasi,” himbau Ka.Kanwil.



Sumber : Bimas Kristen

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani





Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi