Saroli Minta Penyuluh Agama Kristen Pahami Juknis Penyuluhan

Diposting pada: Kamis, 17 Desember 2020
Foto

Jambi (Humas) --Pembimas Kristen Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Saroli Waruwu menekankan pentingnya Penyuluh Agama Kristen memahami tugas pokok dan fungsi sebagai Penyuluh Agama Kristen. Hal tersebut beliau sampaikan pada saat memberikan pembinaan kepada Penyuluh Agama Kristen Non PNS pada Senin (14/12) di Aula Kanwil.

Tugas pokok dan fungsi penyuluh agama tersebut tercantum secara lengkap dalam Keputusan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI Nomor 474 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penyuluh Agama Kristen Non Pegawai Negeri Sipil.

Adapun tugas pokok Penyuluh Agama Kristen Non PNS, antara lain :

1. Mengumpulkan data identifikasi potensi wilayah/ kelompok sasaran

2. Menyusun rencana kerja operasional

3. Mengumpulkan bahan materi bimbingan dan penyuluhan

4. Menyusun konsep tertulis materi bimbingan dan penyuluhan dalam bentuk naskah

5. Melaksanakan bimbingan dan penyuluhan melalui tatap muka kepada kelompok binaan/masyarakat

6. Melaksanakan konsultasi secara perorangan atau kelompok

7. Menyusun laporan bulanan kegiatan bimbingan agama dan penyuluhan pembangunan serta konsultasi

“Apa jadinya jika Penyuluh Agama Kristen tidak mengetahui tugas dan fungsi pekerjaannya,” ujarnya.

Sesuai petunjuk teknis tersebut, disebutkan bahwa Penyuluh Agama Kristen Non PNS adalah juru penerang agama Kristen yang selanjutnya disebut Penyuluh Agama Kristen Non PNS adalah seorang yang berstatus bukan Pegawai Negeri Sipil yang menandatangani perjanjian kerja dan ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi yang diberi tugas, tanggung jawab, dan wewenang oleh pejabat yang berwenang sebagaimana disebutkan di dalam perjanjian kerja dan merupakan mitra kerjaLembaga Sosial keagamaan dan lintas sektoral lainnya.

“Ada perjanjian kerja dan target yang harus dicapai oleh Penyuluh Agama Kristen. Jadi harus ada program kerja yang disusun dan dilaksanakan dalam masa satu tahun kerja tersebut,” sebutnya.

Disebutkan pula bahwa dalam melakukan penyuluhan bagi para Penyuluh Agama Kristen Non PNS bertugas menjangkau sasatan penyuluhan berupa kelompok binaan yang terdiri dari masyarakat transmigrasi, penyalahguna narkoba, generasi muda/anak/remaja, pramuka, kelompok lansia/panti jompo, kelompok wanita/pria, kelompok masyarakat industry/pabrik/buruh, kelompok profesi, masyarakat daerah rawan konflik, panti sosial/ panti rehabilitasi, kampus/ masyarakat akademis, daerah pemukiman baru, masyarakat penelitiserta para ahli dalam berbagai disiplin ilmu dan teknologi, rumah tahanan/lembaga pemasyarakatan, rumah sakit, suku terasing, daerah terpencil.

“Kelompok binaan ini bisa merupakan kelompok binaan yang sudah ada pada masyarakat atau kelompok yang dibentuk sendiri oleh para penyuluh agama tersebut,” jelasnya.

Dalam rangka penyuluhan seorang Penyuluh Agama Kristen Non PNS melayani minimal 10 (sepuluh) orang dalam satu kelompok binaan dan setiap Penyuluh Agama membawahi minimal 2 (dua) kelompok binaan dan berkewajiban melaksanakan tugas bimbingan agama dan penyuluhan pembangunan serta melakukan konsultasi minimal 1 (satu) kali seminggu.

Dalam melaksanakan tugas penyuluhan tersebut, Penyuluh Agama Kristen Non PNS menggunakan metode penyuluhan, yaitu metode ceramah, metode diskusi dan Tanya jawab, metode demonstrasi, metode sandiwara, metode konseling melalui media cetak, media elektronik, dan media sosial.

“Penyuluh agama Kristen harus membaca secara detail petunjuk teknis yang tercantum dalam Keputusan Dirjen Bimas Kristen tersebut, bahkan kalau perlu bahkan sampai berkali-kali,” tegasnya.



Sumber : Bimas Kristen

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi