Penyuluh Agama Kristen Emban Amanah Terangi Masyarakat

Diposting pada: Kamis, 17 Desember 2020
Foto

Jambi (Humas) --Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi mengharapkan agar para penyuluh agama Kristen Non PNS dapat menjangkau sasaran penyuluhan yang lebih luas lagi Hal tersebut disampaikan oleh Pembimas Kristen, Saroli Waruwu di hadapan 10 penyuluh agama Kristen non PNS kota Jambi pada Senin (14/12) di aula Kanwil.

Saroli mengingatkan agar penyuluh agama harus menguasai materi penyuluhan agar kelompok binaan tersebut mampu menerima materi yang disampaikan.

“Materi penyuluhan yang dapat disampaikan dapat berupa materi kehidupan berbangsa dan bernegara, materi sosial, materi hukum, dan lain-lain yang disertai dengan pemahaman keagamaan,” sebutnya.

Salah satu tugas pokok penyuluh agama Kristen adalah memberikan pembekalan kepada kelompok binaan agar para kelompok binaan tersebut terbentuk sesuai dengan target yang ingin dicapai agar untuk selanjutnya mereka diharapkan dapat meneruskan pemahaman penyuluhan tersebut kepada orang-orang di sekitar mereka. Dan diharapkan penyuluhan yang dilakukan membawa manfaat yang berkesinambungan bagi masyarakat, terutama dalam ruang lingkup kelompok binaan tersebut.

Dalam melakukan kegiatan penyuluhan, maka penyuluh agama Kristen non PNS dapat bekerja sama dengan gereja-gereja, instansi pemerintahan, lembaga masyarakat untuk memperluas ruang penyuluhan sesuai dengan bidangnya.

“Misalnya bidang hukum dapat bekerjasama dengan dengan lembaga pemasyarakatan dan lain-lain, atau bidang lainnya seperti bidang sosial, bidang pertanian, dan lain-lain,” imbuhnya.

Saroli menjelaskan bahwa para penyuluh agama ini merupakan perpanjangan tangan dan perpanjangan lidah dari pemerintah yang akan membagikan informasi-informasi penting pemerintah.

“Contohnya yaitu bila ada informasi dari Dirjen Bimas Kristen, atau informasi penting dari kerjasama dengan RRI Jambi, dan lain-lain, maka penyuluh agama bertugas dan bertanggung jawab menyebarluaskan informasi penting tersebut kepada masyarakat luas,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha, H. Julan yang menyebutkan bahwa penyuluh agama ini bagian dari Kementerian Agama yang membawa visi dan misi Kementerian Agama dalam penyuluhannya, yaitu mewujudkan Masyarakat Indonesia yang Taat Beragama, Rukun, Cerdas, dan Sejahtera Lahir Batin dalam rangka Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong.

"Dilihat dari amanah visi dan visi yang diemban tersebut, tentunya tugas penyuluh agama ini bukanlah hal mudah. Penyuluh agama ini merupakan panggilan jiwa yang akan mendapatkan kepuasan tersendiri ketika sudah melakukan tugas penyuluhannya dengan baik. Apalagi sudah bisa melaksanakan visi dan misi Kementerian Agama tersebut, dan hal ini tidak bisa diukur dengan materi ” jelasnya.

Lebih lanjut Julan mengharapkan agar penyuluh dapat memberikan pencerahan kepada umat beragama agar tetap berjalan pada koridor agama, sehingga peran penyuluh agama sangat diharapkan di tengah-tengah masyarakat. “Penyuluh itu penerang bagi yang gelap, sehingga penyuluh itu harus terlebih dahulu menjadi terang bagi diri sendiri dalam hidupnya sebelum menjadi penerang bagi orang lain,” tukasnya.



Sumber : Bimas Kristen

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani





Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi