Ka.Kanwil : Pemeriksaan Interim Laporan Keuangan Berdampak Positif Bagi Kemajuan Instansi

Diposting pada: Kamis, 10 Desember 2020
Foto

Jambi (Humas) --Hampir setiap tahun Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melakukan pemeriksaan keuangan terhadap Kementerian atau Lembaga Pemerintahan. Sebelum audit laporan keuangan dilakukan, maka BPK RI melakukan pemeriksaan interim. Pemeriksaan interim merupakan audit pendahuluan yang dilakukan sebelum audit atas laporan keuangan dilakukan. Pemeriksaan interim dilaksanakan sebelum pemeriksaan atas laporan keuangan instansi atau lembaga. Pemeriksaan interim merupakan bagian dari pemeriksaan atas laporan keuangan instansi atau pemerintahan dan merupakan praktik yang lazim dalam pemeriksaan laporan keuangan.

Pemeriksaan keuangan, adalah pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pemeriksaan keuangan ini dilakukan oleh BPK dalam rangka memberikan pernyataan opini tentang tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan pemerintah.

Termasuk laporan keuangan di Kementerian Agama Provinsi Jambi yang diperiksa oleh tim BPK RI selama 13 hari, yaitu 7 – 19 Desember 2020 dengan melakukan pemeriksaan interim atas laporan keuangan Kementerian Agama tahun 2020 pada Kantor Wilayah Kementerian Agama dan satuan kerja lainnya di provinsi Jambi.

Dalam Entry Meeting bersama tim BPK RI yang digelar pada Senin (7/12) di aula Kanwil, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi merasa bersyukur dengan kehadiran tim pemeriksa dari BPK RI. “Setiap tahun Kementerian Agama Provinsi Jambi rutin diperiksa oleh BPK RI. Jadi, sudah seperti saudara sendiri karena setiap tahun bertemu,” tutur Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menganggap bahwa kehadiran BPK RI ini sangat penting untuk mengawasi anggaran pada instansi atau lembaga yang berdampak positif bagi kemajuan instansi. “Pemeriksaan dalam sebuah instansi atau lembaga adalah hal yang biasa dan baik tentunya. Tanpa adanya pemeriksaan, kita tidak akan tahu apa yang kita perbuat benar atau salah,” ujar beliau.

“Kanwil menerima dengan tangan terbuka adanya proses pemeriksaan laporan keuangan ini karena sudah merupakan bagian dari tupoksi BPK RI. BPK bertugas untuk memeriksa laporan instansi atau lembaga, dan kita berkewajiban mempertanggungjawabkan apa yang sudah kita kerjakan berupa laporan keuangan. Ketika ada pemeriksaan, akan ada pencerahan mengenai langkah-langkah yang harus kita lakukan,” lanjut beliau.

Kepada seluruh jajaran Kementerian Agama, Ka.Kanwil menginstruksikan untuk dapat memenuhi semua dokumen dan hal-hal lainnya yang dibutuhkan dalam pemeriksaan oleh BPK RI. “Tolong penuhi apa yang diminta oleh BPK,” instruksi beliau.

Ketua Subtim BPK RI, Daru Danurendra menyebutkan bahwa tujuan pemeriksaan dari BPK RI ini adalah untuk pemeriksaan dan pengujian substantifsistem pengendalian interim dengan mempertimbangkan 4 aspek berikut :

1. Tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK dan penilaian kembali Barang Milik Negara (BMN)

2. Skema pengendalian terhadap penyaluran bantuan, termasuk penyaluran bantuan atas bencana covid-19

3. Menguji kesesuaian dengan Standar Akuntasi Pemerintahan

4. Menilai kepatuhan kepada peraturan perundang-undangan

Pemeriksaan interim ini dapat meningkatkan kapasitas instansi atau lembaga untuk mewujudkan dan memelihara tata kelola keuangan yang akuntabilitas. “BPK RI selalu mendukung instansi atau lembaga dalam membina tata kelola keuangan yang baik,” ujar beliau.

Hadir dalam Entry Meeting pemeriksaan interim laporan keuangan tersebut antara lain pejabat eselon III dan IV pada Kanwil, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, para Kuasa Pengguna Anggaran, Bendahara, dan staf Pegelola Keuangan pada Kanwil, Kementerian Agama Sarolangun, dan Kementerian Agama Kota.



Sumber : Sub Bagian Keuangan dan BMN

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi