Sekjen Ingatkan Pentingnya Pengembangan SDM Pada Madrasah

Diposting pada: Kamis, 10 Desember 2020
Foto

Jambi (Humas) – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, H. Nizar Ali menyampaikan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai hal yang utama sebagai wujud peningkatan kualitas madrasah. Hal tersebut beliau sampaikan pada saat meresmikan beberapa gedung pada Kementerian Agama, termasuk beberapa gedung pada madrasah dengan pembiayaan Surat Berharga Syari’ah Negara (SBSN) pada Senin (7/12) yang dipusatkan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kota Jambi.

Di hadapan Para pejabat eselon III pada Kanwil, Kepala Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Kepala Sub Bagian Tata Usaha pada Kementerian Agama Kota Jambi, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kementerian Agama Kota Jambi, para Kepala Madrasah Negeri di Kota Jambi para Pengurus Komite MAN 3 Kota Jambi, beliau menghimbau agar seluruh madrasah mempersiapkan perangkat pembelajaran yang memadai dengan disertai penyusunan kurikulum yang jelas untuk menunjang proses belajar mengajar. Selain itu seluruh madrasah perlu memperhatikan kualitas sumber daya tenaga pendidik atau guru dan tenaga kependidikan harus diperhatikan agar dapat kembali membentuk sumber daya para peserta didik yang unggul. “Misalnya membentuk peserta didik yang dapat menjadi imam shalat, hapal beberapa juz ayat-ayat Al-Quran, bisa saja dapat memimpin tahlil., bahkan bisa mengukir prestasi,” sebut beliau.

Lebih lanjut, beliau juga menghimbau pada seluruh jajaran Kementerian Agama baik pada Kanwil, Kementerian Agama kabupaten/kota, dan jajaran pegawai pada madrasah harus saling mendukung dan mempunyai komitmen serta niat atau keinginan baik dalam membentuk sumber daya yang unggul demi kemajuan madrasah. “Ketika para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, serta peserta didik berprestasi, maka akan meningkatkan kualitas dan nama baik madrasah, yang pada akhirnya menjadi seuatu kebanggaan bagi instansi Kementerian Agama itu sendiri, lanjut beliau.

Kementerian agama tentunya bangga ketika madrasah mampu mengukir prestasi yang dapat mengharumkan nama baik madrasah. Oleh karena itu, seluruh madrasah harus berupaya terus mengukir prestasi setinggi-tingginya. “Saya terharu dan mengapresiasi setiap prestasi yang diraih oleh madrasah tersebut. misalnya Kompetisi Sains, Olimpiade, Robotik, dan lain-lain,” tutur beliau.

Oleh karena itu para tenaga pendidik dan tenaga kependidikannya harus terus mengembangkan kompetensinya dengan terus berinovasi dan berkreasi. Pengembangan kompetensi dari sumber daya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan ini perlu terus ditingkatkan.

Kementerian Agama pusat akan selalu mendukung program-program pengembangan kompetensi pada madrasah agar semakin maju.



Sumber : Bidang Pendidikan Madrasah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi