Sekjen Resmikan 14 Gedung Pada Kemenag Jambi Dengan Pembiayaan SBSN

Diposting pada: Kamis, 10 Desember 2020
Foto



Jambi (Humas) - Pembiayan gedung dengan Surat Berharga Syari’ah Negara (SBSN) memiliki peran penting sebagai salah satu sumber pembiayaan alternatif APBN, khususnya terkait pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Kementerian atau Lembaga. Pembiayaan proyek SBSN yang dimulai tahun 2013 ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 56 tahun 2011, seperti mekanisme pembiayaan proyek SBSN, kriteria proyek yang dapat dibiayai serta mekanisme pengusulannya.

Pembiayaan dengan SBSN ini sangat bermanfaat perkembangan proyeknya dimonitoring dan diawasi langsung oleh Kementerian Keuangan, sehingga percepatan pengerjaan proyek dapat diupayakan dengan penyerapan anggaran SBSN ini.

Manfaat yang besar dari pembiayaan dengan SBSN ini turut dirasakan oleh Kementerian Agama Provinsi Jambi dengan terselesaikannya3 gedung asrama pada madrasah, 1 gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT), dan 10 Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji pada KUA yang diresmikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI pada Senin (7/12).

Dipusatkan di MAN 3 Kota Jambi, acara tersebut dihadiri oleh pejabat eselon III pada Kanwil, Kepala Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Kepala Sub Bagian Tata Usaha pada Kementerian Agama Kota Jambi, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kementerian Agama Kota Jambi, para Kepala Madrasah Negeri di Kota Jambi, Kepala KUA di kota Jambi, para Pengurus Komite MAN 3 Kota Jambi, dan para guru MAN 3 Kota Jambi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad menjelakan bahwa acara tersebut dipusatkan di MAN 3 Kota Jambi sebab madrasah tersebut baru berdiri, namun sudah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. “Penegeriannya baru, namun perkembangan yang luar biasa, sangat cepat dan pesat,” sebut beliau.

Ka.Kanwil menuturkan bahwa suatu kehormatan bagi Kementerian Agama Provinsi Jambi bahwa beberapa gedung dengan pembiayaan SBSN di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jambi tersebut diresmikan langsung Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, termasuk penandatanganan batu prasasti nama gedung tersebut. “Inilah wujud respon pimpinan tinggi yang merespon dan memenuhi keinginan bersama untuk menghadirkan pimpinan tinggi instansi di tengah-tengah jajarannya. Ini luar biasa dan semoga menjadi motivasi bagi Kemenag Provinsi Jambi ,” tutur Ka.Kanwil.

Beliau menjelaskan bahwa pembiayaan SBSN atas 3 gedung pada Madrasah Negeri di kabupaten Batanghari dan kota Jambi yang akan diresmikan merupakan alokasi anggaran 2019. Sementara, pembiayaan SBSN atas 11 gedung pada KUA di kabupaten Sarolangun, kabupaten Bungo, kabupaten Merangin, dan kabupaten Kerinci merupakan alokasi anggaran tahun 2019 dan 2020.

Sekjen Kementerian Agama RI, H. Nizar Ali bersyukur medapat kesempatan berkunjung ke Jambi dengan berbagai rangkaian kegiatan. Salah satunya adalah meresmikan gedung-gedung di lingkungan Kementerian Agama Jambi dengan pembiayaan SBSN, seperti gedung-gedung pada madrasah dan KUA. “Selamat atas terselesaikannya gedung-gedung dengan pembiayaan SBSN ini. Saat ini basisnya sudah menggunakan sistem punishment atau penalti untuk proyek-proyek yang tidak terselesaikan,” ujar beliau.

Beliau menyebutkan bahwa peresmian gedung-gedung ini merupakan bagian dari perhatian dan kepedulian pimpinan untuk kemajuan Kementerian Agama di daerah. “Ini adalahbentuk pemikiran sampai ke level di daerah sebagai ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, sebut beliau.

Dan beliau mengharapkan para pimpinan satuan kerja dapat memikirkan strategi yang tepat untuk pengembangan gedung-gedung yang sudah diselesaikan ini karena peningkatan infrastruktur dapat menunjang peningkatan mutu pelayanan. “Harus ada skala prioritas pengembangan yang didahulukan untuk peningkatan mutu atau kualitas insfrastruktur tersebut. Harapannya adalah pada tahun-tahun berikutnya akses pelayanan publik semakin dapat dinikmati oleh masyarakat. Jadi berimbang antara pengembangan infrastruktur dengan peningkatan pelayanan,” himbau beliau.

Adapun ke-14 gedung dengan pembiayaan SBSN yang diresmikan tersebut adalah:

1. Gedung Madrasah Keterampilan Workshop Keterampilan Komputer Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Jambi

2. Gedung Asrama 2 Lantai MAN 3 Kota Jambi

3. Gedung Ma’had/ Asrama Siswa MTsN 1 Batanghari

4. Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batanghari

5. Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji pada KUA Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun

6. Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji pada KUA Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun

7. Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji pada KUA Kecamatan Tabir Barat Kabupaten Merangin

8. Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji pada KUA Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci

9. Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji pada KUA Kecamatan Muaro Sebo Ilir Kabupaten Batanghari

10. Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji pada KUA Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari

11. Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji pada KUA Kecamatan Jujuhan Kabupaten Bungo

12. Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji pada KUA Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo

13. Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji pada KUA Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo

14. Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji pada KUA Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo



Sumber : Bidang Pendidikan Madrasah, Bidang Urais, dan Bidang PHU

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi